Liga Indonesia

Quattrick Bomber Brasil Warnai Pesta Gol PSMS Medan Jelang Liga 2

Minggu, 10 September 2023 10:45 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Isman Fadil
© PSMS Medan
Bomber PSMS Medan asal Brasil, Matheus Souza. (Foto: PSMS Medan) Copyright: © PSMS Medan
Bomber PSMS Medan asal Brasil, Matheus Souza. (Foto: PSMS Medan)

INDOSPORT.COM - PSMS Medan mengakhiri rangkaian persiapan jelang tampil Liga 2 2023-2024 dengan menang besar atas tim amatir Sumatra Utara (Sumut), PS TGM, tujuh gol tanpa balas alias 7-0 di Stadion Mini TD Pardede, Sunggal, Deli Serdang, Sabtu (09/09/23) sore.

Bomber anyar Ayam Kinantan sekalian legiun asing mereka asal Brasil, Matheus Souza memborong empat dari tujuh gol yang tercipta di laga tersebut.

Seluruh gol bomber asal Brasil itu tercipta di babak pertama (8', 13', 36', 44').Gol bunuh diri di menit ke-57, dan dua gol lagi diukir lewat pemain pengganti Nico Malau (61') dan pemain muda mereka Reyki (82').

Usai pertandingan, pelatih PSMS, Ridwan Saragih, mengaku bersyukur dengan progres positif yang dicapai timnya. Melakoni 12 laga uji coba, menjadi catatan tersendiri bagi tim besutannya.

Pasalnya, PSMS belum pernah sekalipun gawangnya kebobolan dari 12 laga tersebut, termasuk empat pertandingan di turnamen pramusim Edy Rahmayadi Cup 2023 kemarin.

"Dari masa persiapan pramusim sampai hari ini kita belum ada kebobolan, total ada 12 pertandingan. Saya bersyukur PSMS belum ada kebobolan, tapi artinya tetap kondisi pemain saya dari segi defending masih banyak kekurangan dan akan dievaluasi," bebernya.

Kendati menang telak di laga uji coba ini, Ridwan menilai hasil akhir bukan tujuan utama. Namun, dirinya mengaku melihat hal-hal minus yang tetap menjadi bahan evaluasi jelang tampil di Liga 2 musim ini.

"Hari ini uji coba terakhir menuju laga perdana Liga 2. Secara tim saya apresiasi bahwasanya anak-anak sudah bermain dengan filosofi kita sudah memahami. Sudah ada kerjasama satu dengan yang lain terbina dengan baik. Kalau untuk evaluasi tetap ada kekurangan bagi pelatih, khususnya dalam hal defending, attacking, dan transisi," ungkapnya.

Saat disinggung penampilan dua pemain asingnya, Kim Jin-Sung dan Matheus Souza, menurut Ridwan juga sudah mulai baik. Kerjasama keduanya dengan pemain lain juga sudah terlihat bagus. 

"Kim dan Souza saya lihat sudah bisa beradaptasi, sudah memahami filosofi permainan kami. Mereka juga walaupun pemain asing, tetap berbaur dengan tim, respect terhadap pemain lain tanpa membeda-bedakan," ungkapnya.

"Harapan saya dia (Souza) tetap jaga performanya. Jangan pernah puas, ini masih uji coba. Pertandingan sebenarnya ada di depan mata. PSMS punya tujuan besar, butuh kerja keras, keseriusan dan kekompakan bersama," pungkasnya.

Diketahui, akhir pekan ini Liga 2 mulai kick-off namun PSMS belum melakoni laga perdana. Mereka baru akan melakoni laga perdana pada pekan depan dan langsung bersua dalam laga bertajuk derbi Sumut kontra Sada Sumut FC di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang.