Liga Indonesia

3 Fakta Menarik Gresik United Usai Menang Meyakinkan di Laga Perdana Liga 2

Senin, 11 September 2023 13:07 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Skuat Gresik United di Liga 2 2023/24. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Skuat Gresik United di Liga 2 2023/24. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 2 Indonesia 2023/24 resmi bergulir per Minggu (10/9/23). Gresik United merupakan salah satu peserta yang langsung menjalani laga perdana.

Tim berjuluk Laskar Joko Samudro ini sukses memetik tiga poin berkat kemenangan meyakinkan 2-0 atas Persekat Tegal di Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos).

Setidaknya ada tiga fakta menarik di balik kemenangan Gresik United yang berhasil dirangkum awak redaksi INDOSPORT dari lapangan.

1. Pemain Muda Gresik United

Gresik United pada pertandingan perdana banyak menurunkan pemain muda. Keputusan berani ini diakui sendiri oleh pelatih Rudy Eka Priyambada.

Hasilnya pun terbukti. Pemain muda Gresik United yang diturunkan oleh mantan pelatih timnas Indonesia putri ini sangat ampuh, bahkan dua di antaranya menyumbang gol.

Menariknya, dua pemain Gresik United yang berhasil mencetak gol ini pernah membela Persebaya Surabaya junior, yakni Dicky Kurniawan dan Dian Ardiansyah.

Melansir data Transfermarkt, Dicky Kurniawan yang mencetak gol pada menit ke-51 ini pernah memperkuat Persebaya U-18 di 2021, sedangkan Dian Ardiansyah menjadi bagian dari Persebaya U-20 edisi 2019.

Selain itu, sumbangsih gol kedua pemain sama-sama menggunakan sepakan keras yang menghujam jala gawang kiper Persekat Tegal, TB Saprudin.

2. Kartu Merah Perdana Liga 2

Sayangnya, kemenangan 2-0 Gresik United atas Persekat Tegal sedikit ternoda dengan adanya kartu merah. Wasit Steven Yubel Poli mengusir Muhammad Faisol Yunus pada menit ke-89.

Kartu merah ini merupakan yang pertama bagi Gresik United sekaligus Liga 2 2023/24. Pelatih Rudy Eka Priyambada mengaku tak begitu melihat jelas perbuatan pemainnya atas di lapangan.

“Mungkin wasit lebih jelas melihatnya, saya sendiri tadi tidak begitu jelas,” cetus Rudy Eka dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan.

Dia tak lupa berpesan kepada pemainnya agar tak gampang tersulut emosi di atas lapangan untuk menghindari cedera dan hukuman kartu dari wasit.

“Tadi saya babak pertama bilang ke Birrul Walidain suapa tidak emosi karena hari ini adalah laga perdana Grisik United,” tandasnya.

3. Victor Bertomeu Belum Tampil

Tim pelatih Gresik United tidak menurunkan Victor Bertomeu dalam pertandingan perdana melawan Persekat Tegal yang berlangsung kemarin sore.

Pemain asing asal Spanyol ini menurut informasi belum bisa turun membela Laskar Joko Samudro karena masih berkutat dengan urusan administrasi.

Informasi yang didapatkan di lapangan, mantan pemain Eastern SC Hong Kong ini masih mengurus Kitas. Alhasil, Victor Bertomeu hanya bisa menyaksikan Gresik United dari tribun VIP di Stadion Gejos.

Dia baru bisa turun ke lapangan setelah pertandingan kontra Persekat Tegal berakhir dan sama-sama tim mendengarkan anthem Gresik United.