Liga Indonesia

PT LIB Jabarkan Pemenang Liga 2 Selain Promosi Juga Rebutkan Hadiah Total Rp2 Miliar

Senin, 11 September 2023 05:20 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Logo Pegadaian Liga 2. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Logo Pegadaian Liga 2. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Roda kompetisi Liga 2 2023-2024 telah resmi begulir. Partai antara Persela Lamongan menjamu Persijap pun menjadi penanda dimulainya strata kedua Liga Indonesia.

Pembukaan Liga 2 2023-2024 dihadiri langsung oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus serta Wakil Ketua Umum PSI, Ratu Tisha Destria beserta Anggota Exco PSSI, Minggu (10/09/23) sore WIB.

Dalam laga perdana ini, Persela Lamongan yang bermain di Stadion Surajaya, Lamongan, berhasil membungkam tamunya Persijap Jepara. Dalam laga ini tuan rumah Persela Lamongan berhasil meraih kemenangan 2-0.

Ferry Paulu selaku Direktur Utama PT LIB, cukup puas pembukaan Liga 2 musim ini bisa berjalan. Selain itu dia pin senang karena akhirnya Liga 2 kembali bergulir setelah berhenti di musim lalu.

"Ya syukur Alhamdulillah hari ini pembukaan kita (Liga 2) berjalan lancar, dengan persiapan yang sebenarnya sudah jauh-jauh hari kita persiapkan," buka Ferry Paulus saat ditemui di Stadion Surajaya, Lamongan.

"Hari ini kita sama-sama lihat pertandingan baik, suporter juga bagus. Kemudian semua Panitia Pelaksana dan perangkat pertandingan juga terlihat siap menggelar Liga 2," jelas Ferry.

Dalam kesempatan kali ini, Ferry pun membawa kabar gembira. Di mana untuk Liga 2 musim ini pemenang selain mendapatkan jatah promosi ke Liga 1 musim depan juga peserta Liga 2 memperebutkan hadia uang tunai.

Tak tanggung-tanggung hadiah yang diperebutkan dalam Liga 2 musim ini mencapai 2 miliar rupiah lebih.

"Oh ada hadiahnya pasti. Di mana hadiah pertama atau juara pertama itu 1M, kemudian saya lupa yang kedua, kalau tidak 750. Lalu berikutnya 500 juta dan seterusnya," beber Ferry. 

"Total hadiahnya itu 2,1 M. Pokoknya juara pertama 1 M, juara kedua saya lupa berapa pastinya," beber Ferry. 

Ferry pun menjabarkan sedikit perihal nantinya siapa saja yang berhak untuk lolos ke promosi ke Liga 2. Dari 28 peserta Liga 2 musim ini, nantinya hanya ada tiga grup yang akan promosi ke Liga 1 musim depan.

"Untuk Liga 2 tidak ada play off seperti Liga 1. Jadi Liga 2 ini itu dibagi satu grup kecil dan satu grup besar."

"Yang dibilang Grup kecil itu adalah 12 besar jadi tiga terbaik dari empat Grup itu masuk ke putaran berikutnya untuk memperbutkan promosi," beber Ferry. 

"Yang diperebutkan itu hanya empat tim terbaik, tiga tim juara Grup di masing-masing grup itu sama  satu runner up terbaik," tukas dia.