Liga Indonesia

Profil M Syaifuddin, Eks Persebaya yang Mendadak Gabung Gresik United di Liga 2

Selasa, 12 September 2023 15:39 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
M Syaifuddin saat konfrensi pers usai laga. Minggu (8/12/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
M Syaifuddin saat konfrensi pers usai laga. Minggu (8/12/19).

INDOSPORT.COM - Mokhamad Syafuddin resmi berlabuh ke Gresik United untuk mengarungi kompetisi Liga 2 Indonesia 2023/24. Eks Persebaya Surabaya ini masuk di menit-menit akhir sebelum tim bertanding.

Hadirnya Syaifuddin dipastikan barisan pertahanan Gresik United lebih solid dan tangguh. Berikut profil singkat sang pemain dilansir dari beberapa sumber.

Bek kelahiran Surabaya, 9 Agustus 1992, ini bernama lengkap Mokhamad Syaifuddin. Karier sepak bolanya lumayan panjang, mulai dari SAD Indonesia di Uruguay pada 1 Januari 2009, lalu ke UdeC U-20 Chile dengan status pinjaman pada 2010. 

Kemudian, bapak satu orang anak ini balik ke Indonesia membela Pelita Jaya (2012-2014), PSS Sleman (2015), Persebaya Surabaya (2017-2022), Dewa United FC (2022-2023), dan kini Gresik United (2023).

Sementara itu, pelatih Gresik United, Rudy Eka Priyambada, usai laga perdana kemarin, belum membeberkan lebih jauh saat disinggung perihal  debut Syaifuddin.

"Kalau itu (memainkan Syafuddin) ditunggu saja," kata Rudy Eka singkat dalam saat konferensi pers kemarin, Minggu (10/9/23).

M Syaifuddin sendiri mengaku sudah menandatangani kontrak bersama Gresik United di Liga 2. Informasi ini didapatkan INDOSPORT ketika berbincang dengannya di bench pemain selepas laga Gresik United vs Persekat Tegal.

"Barusan (tanda tangan) mas," cetusnya. Setelah menjawab pertanyaan tersebut, Syaifuddin kemudian digeruduk oleh sejumlah anak-anak yang merupakan ball boys untuk meminta tanda tangan di jersey.

Sementara itu, meskipun sudah resmi bergabung, Syaifuddin tidak bisa langsung membela Gresik United dikarenakan dia baru saja pulih dari cedera dan baru saja selesai mengikuti lisensi kepelatihan B AFC.

"Saya perlu meningkatkan fisik lagi agar bisa beradaptasi dengan cara bermain Gresik United," lanjut pemain berusia 31 tahun tersebut.

Bergabungnya M Syaifuddin ke Gresik United tidak bisa lepas dari sosok Rudy Eka Priyambada selaku pelatih Laskar Joko Samudro.

Sebagai informasi keduanya pernah terlibat kerja sama ketika membela Persebaya Surabaya. Syaifuddin sebagai pemain dan Rudy Eka Priyambada sebagai pelatih fisik Persebaya Surabaya.

Di samping itu, Syaifuddin berpandangan Gresik United merupakan salah satu tim yang memiliki sejarah panjang di jagat sepak bola nasional.

"Kebetulan pelatihnya Rudy Eka Priyambada sudah kenal lama. Saya senang bisa bergabung dengan Gresik United," tandas M. Syaifuddin.