Timnas Indonesia

Bukan di Jakarta, Ini Jadwal dan Daftar Pembagian Pot Drawing Piala Dunia U-17 2023

Rabu, 13 September 2023 20:50 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut jadwal dan daftar pembagian pot drawing piala dunia U-17 2023 yang rupanya bukan digelar di Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut jadwal dan daftar pembagian pot drawing piala dunia U-17 2023 yang rupanya bukan digelar di Jakarta.

INDOSPORT.COM - Berikut jadwal dan daftar pembagian pot drawing Piala Dunia U-17 2023 yang rupanya bukan digelar di Jakarta.

Federation Internatationale de Football Association (FIFA) memastikan drawing fase grup Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung pada Jumat, (15/09/23), di Zurich, Swiss.

Menurut keterangan tertulis dari FIFA, drawing Piala Dunia U-17 2023 nantinya akan dipimpin langsung oleh Direktur Turnamen FIFA, Jaime Yarza.

Selain itu, Jaime Yarza juga akan didampingi oleh dua mantan pemain jebolan Piala Dunia U-17 juga dikabarkan bakal hadir dalam agenda drawing di Zurich, Swiss. Mereka ialah Stephen Appiah (Ghana), dan Julio Cesar (Brasil).

“Dengan waktu kurang dari dua bulan lagi sebelum Piala Dunia FIFA U-17 2023 di Indonesia dimulai, pengundian turnamen ini akan berlangsung di markas FIFA di Zurich pada tanggal 15 September 2023 pukul 16.00 waktu setempat,” tulis keterangan resmi FIFA.

Sekedar informasi, sebanyak 24 tim peserta akan mengikuti ajang Piala Dunia U-17 2023. Mereka diantaranya ialah Argentina, Brasil, Burkina Faso, Kanada, Ekuador, Inggris, Prancis, Jerman, Iran, Jepang, Korea Selatan, Mali, Meksiko, Maroko, Kaledonia Baru, Selandia Baru, Panama, Polandia, Senegal, Spanyol, Amerika Serikat, Uzbekistan, Venezuela, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Nantinya, ke-24 tim peserta tersebut akan dibagi menjadi enam grup pada drawing Piala Dunia U-17 2023, yang mana setiap tim dalam satu pot tidak akan masuk ke dalam grup yang sama pada babak penyisihan.

Adapun penentuan pot-pot tersebut didasarkan pada penampilan tim peserta dalam lima edisi Piala Dunia U-17 edisi terakhir. Lalu, tim pemenang kejuaraan regional atau turnamen benua akan mendapatkan poin tambahan yang berpengaruh pada penempatan pot undian.

Kemudian, FIFA juga memastikan bahwa setiap grup tidak akan dihuni oleh lebih dari satu tim dari konfederasi yang sama.

Hajatan sepakbola FIFA World Cup U-17 2023 sendiri akan digelar pada 10 November sampai 2 Desember 2023. Indonesia sendiri mendapat mandat emas menjadi tuan rumah.

Sebanyak empat stadion direncanakan bakal menjadi venue Piala Dunia U-17 2023, diantaranya yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Manahan (Solo).

Untuk mengetahui daftar lengkap pot drawing Piala Dunia U-17 2023, berikut INDOSPORT sajikan untuk Anda.

Daftar Lengkap Pot Piala Dunia U-17 2023

Pot 1: Indonesia, Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, Jepang.

Pot 2: Jerman, Mali, Inggris, Korea Selatan, Argentina, Ekuador.

Pot 3: Selandia Baru, Iran, Senegal, Amerika Serikat, Uzbekistan, Maroko.

Pot 4: Kanada, Kaledonia Baru, Panama, Venezuela, Polandia, Burkina Faso.