Liga 1

Persib dalam Sepekan: Persiapan Lawan Persikabo hingga Marc Klok Dipanggil Timnas U-24

Kamis, 14 September 2023 16:28 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib, Marc Klok dikabarkan masuk dalam kandidat pemain Senior yang akan memperkuat Timnas Indonesia U-24 di Asian Games. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib, Marc Klok dikabarkan masuk dalam kandidat pemain Senior yang akan memperkuat Timnas Indonesia U-24 di Asian Games.

INDOSPORT.COM - Rangkuman berita Persib Bandung dalam sepakan, mulai dari persiapan menghadapi Persikabo 1973 di pekan ke-12 Liga 1 2023-2024 hingga Marc Klok yang kabarnya dipanggil timnas Indonesia Asian Games.

Persib bersiap Bungkam Persikabo

Persib Bandung akan melakoni pertandingan pekan ke-12 kompetisi Liga 1 2023-2024, mengahadapi Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (16/09/23).

Pelatih Persib, Bojan Hodak menuturkan, pada pertandingan tersebut skuad Maung Bandung menargetkan poin penuh, apalagi laga tersebut digelar di kandang.

Lebih lanjut Bojan Hodak menuturkan, secara posisi Persikabo 1973 saat ini berada di peringkat 17, meski begitu dia menegaskan dalam setiap pertandingan timnya tidak melihat klasemen lawan dan tetap menargetkan poin penuh.

"Ketika bermain di kandang, kami harus bisa meraih kemenangan melawan siapapun. Tidak peduli itu tim tiga teratas atau tiga tim terbawah, bahkan jika datang Real Madrid ke sini, kami akan coba untuk meraih kemenangan. Karena ini kandang kami," tegas Bojan Hodak.

Meski demikian, Bojan Hodak mengingatkan anak asuhnya untuk tetap waspada, pasalnya tim lawan pasti bakal berusaha untuk menampilkan permainan terbaiknya untuk memperbaiki posisinya di klasemen.

"Tapi tentu yang harus lebih dilihat adalah kami memang butuh tiga poin dan kami harus fokus untuk itu. Bermain 100 persen di pertandingan dan tentu tidak bisa memandang enteng Persikabo," ungkapnya.

"Salah lihat mereka bermain cukup bagus. Tapi mungkin mereka sedikit tidak beruntung atau kehilangan konsentrasi. Tapi pada akhirnya mereka kalah di laga yang ketat, kalai 0-1, bermain imbang 1-1, tetapi bisa dilihat mereka mengalami kemajuan. Saya harap kami bisa bermain bagus dan meraih tiga poin," ujarnya.

Beckham Putra Absen 2 Pekan

Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha dipastikan absen pada pertandingan menghadapi Persikabo, pasalnya dia harus menjalankan program pemulihan satu hingga dua pekan.

Sebagai informasi, pemain jebolan Diklat Persib tersebut dipulangkan dari Timnas Indonesia U-23 yang tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2023, karena mengalami cedera.

Menurut dokter tim Persib, Rafi Ghani, Beckham mengalami keluhan di bagian paha kanan bagian dalam, kemudian pihaknya sudah melakukan USG. Dari hasil USG ada penebalan sedikit pada bagian yang dikeluhkan.

"Besoknya kita lakukan MRI ternyata memang keluhannya selama ini dia rasakan di bagian paha dalamnya memang ada masalah, tapi semoga kelihatannya bukan cedera berat, tapi tetap masih membutuhkan terapi untuk pemulihan kurang lebih 1 sampai 2 minggu ke depan," ucap Rafi Ghani.

Rafi menuturkan, cedera Beckham didapat bukan saat memperkuat Persib, melainkan saat bergabung dengan Timnas Indonesia yang tampil pada ajang Piala AFF Agustus lalu.

"Cederanya setelah keluhannya pada saat semifinal Piala AFF, memang kan kita lihat bahwa Beckham digantikan pada saat itu karena keluhan di bagian pahanya. Bukan (di Persib), yang saya tahun pada saat semifinal AFF," jelasnya.

Kakang dan Robi Darwis Dipanggil Timnas U-24

Dua pemain Persib Bandung, Robi Darwis dan Kakang Rudianto mendapatkan panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia U-24 yang akan disiapkan untuk tampil di Asian Games ke-19 di Hangzhou, Cina.

Menurut pelatih Persib, Bojan Hodak, dengan pemanggilan dua pemain tersebut, maka regulasi untuk menurunkan pemain U-23 pada laga kompetisi Liga 1 2023-2024 tidak berlaku.

"Kami tidak perlu menjalankan aturan itu karena ada dua pemain dipanggil tim nasional. Kakang dan Robi dipanggil tim nasional, meski Beckham sudah kembali," ucap Bojan Hodak.

Marck Klok Masuk Kandidat Pemain yang Dibawa ke Asian Games?

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok dikabarkan masuk dalam daftar pemain yang dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-24 untuk persiapan tampil di Asian Games ke-19 di Hangzhou, Cina.

Menurut pelatih Persib, Bojan Hodak, pihaknya kemungkinan besar tidak akan melepas semua pemain yang mendapat panggilan bergabung dengan Timnas. Pasalnya, event tersebut bukan agenda FIFA dan skuad Maung Bandung kekurangan pemain.

"Klok tidak akan pergi. Mereka mengirimkan permintaan tapi itu tergantung kami, karena ini bukan kompetisi FIFA. Jadi meski pemain U-23, kami bisa menahannya jika mau," ucapnya.

Sedangkan Rachmat Irianto yang juga dikabarkan dipanggil Timnas, Bojan Hodak kemungkinan besar bakal mengizinkannya untuk bergabung dengan Skuad Garuda.

"Jadi ini berdasarkan niat baik kami untuk melepas pemain. Karena kami tidak punya cukup pemain dan bisa dilihat di posisi bek kanan Kakang (absen)," katanya.

"Alberto mengalami cedera, Kakang absen, Putu juga absen karena skorsing satu laga lagi. Pemain ketiga yang bisa main di posisi itu, Robi juga main di sana (timnas U-23). Jadi Irianto bisa pergi ke sana setelah laga besok (melawan Persikabo), tapi Marc tidak akan (dilepas)," jelasnya.