In-depth

5 Klub dengan Skuad Termahal di Dunia: Man United Ungguli Chelsea dan Man City

Jumat, 15 September 2023 11:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Dylan Martinez
Selebrasi pemain Manchester United, Raphael Varane dengan rekan setim Jadon Sancho saat mencetak gol ke gawang Wolverhampton Wanderers pada laga Liga Inggris, Selasa (15/08/23). (Foto: REUTERS/Dylan Martinez) Copyright: © REUTERS/Dylan Martinez
Selebrasi pemain Manchester United, Raphael Varane dengan rekan setim Jadon Sancho saat mencetak gol ke gawang Wolverhampton Wanderers pada laga Liga Inggris, Selasa (15/08/23). (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

INDOSPORT.COM – Pusat Studi Olahraga Internasional (CIES) belum lama ini merilis lima klub dengan skuad termahal di dunia saat ini yang didominasi oleh tim-tim Liga Inggris.

Acuan skuad termahal yang dirilish oleh CIES sendiri berdasarkan biaya transfer, termasuk bonus, yang dikeluarkan oleh setiap klub untuk memboyong pemain-pemainnya saat ini.

Karena dihitung berdasarkan biaya transfer yang dikeluarkan, tak ayal tim-tim Liga Inggris pun mendominasi barisan teratas dalam daftar ini.

Seperti yang diduga, Manchester United yang kerap membeli banyak pemain mahal, berada di puncak mengungguli rival-rivalnya di Inggris yang juga aktif belanja jor-joran.

Lalu, klub mana saja yang memenuhi daftar teratas skuad termahal di dunia saat ini berdasarkan biaya transfer yang dikeluarkan? Berikut rangkumannya.

5. Arsenal

Arsenal menghuni peringkat kelima dalam daftar skuad termahal dengan total mengeluarkan biaya 836 juta euro (Rp13,6 triliun) untuk mengumpulkan para pemainnya saat ini.

Dari total 836 juta euro yang dikeluarkan, Arsenal paling jor-joran dalam mendatangkan pemain di sektor gelandang yang dibuktikan dengan pengeluaran sebesar 374 juta euro (Rp6,1 triliun).

Meningkatnya biaya transfer Arsenal untuk sektor gelandangnya itu terlihat dari kedatangan Declan Rice yang memakan biaya hingga 122 juta euro.

4. Paris Saint-Germain

Paris Saint-Germain menjadi satu-satunya tim non-Inggris di daftar ini dengan total skuadnya saat ini telah memakan biaya transfer sebesar 1 miliar euro (Rp16,3 triliun).

Jumlah sebesar ini, separuhnya dialokasikan oleh tim berjuluk Les Parisiens itu untuk mendatangkan penyerang saja, yakni dengan biaya total 557 juta euro (Rp9,1 triliun) sejauh ini.

Kepergian Neymar membuat Kylian Mbappe menjadi pemain dengan biaya transfer termahal PSG saat ini, yakni sekitar 180 juta euro pada 2018 lalu.