Liga 1

Dianggap Berlebihan, Selebrasi Beckham Putra di Depan Jakmania Berbuah Sanksi

Jumat, 15 September 2023 14:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, mendapatkan sanksi teguran keras dari Komite Disiplin PSSI (Komdis). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, mendapatkan sanksi teguran keras dari Komite Disiplin PSSI (Komdis).

INDOSPORT.COM - Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, mendapatkan sanksi teguran keras dari Komite Disiplin PSSI (Komdis). Keputusan itu, dikeluarkan setelah sidang Komdis, 7 September 2023.

Pemain yang menggunakan nomor punggung 7 ini, mendapatkan sanksi teguran keras lantaran melakukan selebrasi yang berlebihan sehingga memancing reaksi dari penonton (The Jakmania).

Selebrasi tersebut, dilakukan Beckham Putra pada pertandingan pekan ke-11 kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 menghadapi Persija Jakarta di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu (02/09/23).

Saat itu pertandingan berakhir imbang 1-1, Persija mampu unggul lebih dulu 1-0 dari Skuad Maung Bandung, melalui gol Marko Simic saat memasuki menit 14.

Pemain bernomor punggung 9 ini, berhasil merobek gawang Persib yang dikawal oleh Fitrul Dwi Rustapa melalui sundulannya, setelah memanfaatkan bola tendangan sepak pojok.

Persib yang bermain sebagai tamu berusaha menyamakan kedudukan, beberapa peluang diciptakan oleh Ciro Alves dan kawan-kawan, namun belum ada gol yang tercipta.

Skuad Maung Bandung mendapatkan keuntungan jumlah pemain, saat memasuki menit 74 setelah gelandang bertahan Persija, Hanif Sjahbandi mendapatkan kartu merah, usai dianggap wasit melanggar Nick Kuipers.

Tim kebanggaan Bobotoh, akhirnya bisa menyamakan kedudukan sekaligus terhindar dari kekalahan, setelah David da Silva mampu merobek gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa.

Pada pertandingan tersebut, David da Silva yang masuk sebagai pemain pengganti, berhasil memanfaatkan umpan dari sektor kanan pertahanan Persija di menit 85.

Gol penyeimbang dari David da Silva, disambut dengan selebrasi dari pemain Persib, termasuk Beckham yang terlihat merayakan gol rekannya di hadapan suporter Persija. 

Akibat selebrasi berlebihan yang dilakukan oleh Beckham, memancing reaksi dari penonton. Sehingga, Komdis PSSI memberikan sanksi teguran keras kepada pemain Timnas Indonesia U-23 ini.

Sementara itu, selain Beckham, dalam hasil Sidang Komite Disiplin PSSI, 7 September 2023, klub Persija Jakarta juga mendapat sanksi usai pertandingan menghadapi Persib di pekan ke-11 kompetisi Liga 1 2023-2024.

Sanksi pertama yakni penutupan sebagian stadion berupa pembatasan pencetakan tiket sebesar 80% dari kapasitas stadion yang diizinkan, sebanyak 1 pertandingan saat menjadi tuan rumah.

Hukuman tersebut, diberikan kepada Persija, lantaran terjadi keributan yang dilakukan oleh suporter Persija pada pertandingan menghadapi Persib.

Kemudian hukuman kedua, yakni sanksi Kerja Sosial, yaitu diwajibkan untuk melakukan pembinaan kepada suporter Persija Jakarta dengan melakukan kampanye perdamaian antar suporter.

Sanksi tersebut diberikan kepada Persija dengan jenis pelanggaran yang sama, yakni terjadi keributan yang dilakukan oleh suporter Persija saat menghadapi Persib.

Sebelumnya, hasil sidang Komite Disiplin PSSI, 5 September 2023, ada dua sanksi yang diberikan kepada Persija yakni untuk klub dan Hanif Abdurrauf Sjahbandi sebagai pemain.

Hanif melakukan pelanggaran bertindak kasar menggunakan tubuhnya secara berlebihan terhadap pemain lawan serta mendapatkan kartu merah langsung, saat menghadapi Persib.

Sehingga, mendapatkan hukuman tambahan larangan bermain sebanyak 2 pertandingan sejak keputusan diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat dan sanksi denda Rp10 juta.

Kemudian Persija, sanksi denda Rp40 juta, karena terjadi pelemparan kemasan minuman dalam jumlah banyak yang dilakukan oleh suporter Persija di Tribun Barat ke arah pemain yang sedang menuju tunnel.