Timnas Indonesia

Kakang dan Klok Tak Ada Dalam Daftar Pemain Timnas Indonesia U-24

Jumat, 15 September 2023 21:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PSSI
Nama dua pemain Persib Bandung, Kakang Rudianto dan Marc Klok, tidak ada dalam daftar pemain Timnas Indonesia U-24 yang disiapkan untuk Asian Games 2023. Copyright: © PSSI
Nama dua pemain Persib Bandung, Kakang Rudianto dan Marc Klok, tidak ada dalam daftar pemain Timnas Indonesia U-24 yang disiapkan untuk Asian Games 2023.

INDOSPORT.COM -  Nama dua pemain Persib Bandung, Kakang Rudianto dan Marc Klok, tidak ada dalam daftar pemain Timnas Indonesia U-24 yang disiapkan untuk Asian Games 2023.

Indra Sjafri sebagai pelatih Garuda U-24 sudah mengumumkan 22 nama yang disiapkan untuk tampil di Hangzhou, China, namun dari daftar tersebut tidak ada nama Kakang Rudianto dan Marc Klok.

Sebelumnya, Kakang Rudianto sempat mendapat panggilan untuk bergabung Timnas Indonesia U-24, bahkan dia sudah meninggalkan Skuad Maung Bandung pada pekan lalu.

Saat itu, Kakang dipanggil Timnas Indonesia U-24 bersama rekan satu timnya di Persib, Robi Darwis. Dilansir dari laman Persib, pemanggilan kedua pemain tersebut disampaikan melalui surat PSSI nomor 3506/AGB/529/IX-2023.

Kakang dan Robi, saat itu dipanggil Timnas Indonesia U-24 untuk menjalani pemusatan latihan atau Training Center (TC) pada 7-15 September 2023.

Namun, dalam daftar Timnas Indonesia U-24 yang disiapkan untuk Asian Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok, nama Kakang Rudianto tidak ada dalam Skuad Garuda.

Pelatih Persib, Bojan Hodak sendiri bicara mengenai peluang Kakang Rudianto tampil pada pertandingan pekan ke-12 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Persikabo 1973.

Menurut Bojan Hodak, pemain yang berposisi sebagai bek ini berpeluang tampil sebagai starter pada pertandingan yang akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (16/09/23).

"Mengenai Kakang, dia bersama kami dan bermain di tiga laga terakhir dengan menampilkan performa yang bagus. Karena itu, peluangnya menjadi starter sangat terbuka dan kita akan lihat besok," ungkap Bojan Hodak, Jumat (15/09/23).

"Hari ini di latihan dia terlihat bagus, jadi akan kita lihat siapa yang jadi pilihan. Apakah dia atau Victor, kita akan lihat nanti," ucapnya menambahkan.

Selain itu, nama Marc Klok juga tidak masuk dalam skuad yang disiapkan untuk Asian Games 2023. Padahal, gelandang bernomor punggung 23 itu sebelumnya dikabarkan menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-24.

Meski tidak ada nama Kakang Rudianto dan Marc Klok, dalam daftar pemain Timnas Indonesia U-24, Persib menyumbangkan tiga pemainnya.

Ketiga pemain tersebut, yakni Robi Darwis, Rachmat Irianto dan Beckham Putra Nugraha. Ketiga pemain tersebut, sudah sering mendapatkan panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia.

Robi Darwis terakhir mendapatkan panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia, yakni pada Piala AFF U-23 di Thailand, Agustus lalu. Dalam ajang tersebut, Skuad Garuda hanya mampu finis di posisi runner-up.

Bermain sebagai gelandang, Robi Darwis bisa menjawab kepercayaan yang diberikan oleh pelatih, apalagi pemain jebolan Akademi Persib ini memiliki kelebihan dalam lemparan bola jauh, yang sering membahayakan pertahanan lawan.

Sama seperti Robi, Rachmat Irianto juga merupakan langganan Timnas Indonesia. Pemain berusia 24 tahun ini, terakhir memperkuat Skuad Garuda yakni dalam FIFA Matchday menghadapi Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (08/09/23).

Sedangkan Beckham Putra Nugraha, sebelumnya mendapatkan panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 untuk persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pekan lalu.

Namun, menjelang pertandingan Timnas Indonesia U-23 menghadapi Taiwan U-23 Kualifikasi Piala Asia U-23 Grup K, Sabtu (09/09/23), Beckham dipulangkan karena mengalami cedera dan langsung menjalankan program pemulihan bersama tim Persib.

Sementara itu, Timnas Indonesia tergabung di Grup F bersama Korea Utara, Kirgistan, dan Taiwan. Pada laga pertama Skuad Garuda akan melawan Kirgistan (19/09/23), lalu Taiwan (21/09/23), dan Korea Utara (24/09/23).