Timnas Indonesia

Sukses Cetak Sejarah untuk Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Sebut Nama Ketum PSSI

Jumat, 15 September 2023 05:18 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Timnas U-23 dengan melempar pelatih Shin Tae-yong ke udara usai mengalahkan Turkmenistan pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/09/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Timnas U-23 dengan melempar pelatih Shin Tae-yong ke udara usai mengalahkan Turkmenistan pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/09/23).

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia U-23 tampil luar biasa pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Manahan Solo pada 6-12 September.

Marcelino Ferdian dkk mencatat dua kemenangan yakni atas Chines Taipe 9-0 dan baru saja berhasil mengalahkan Turkmenistan 2-0.

Dengan hasil tersebut, Timnas Indonesia U-23 berhak lolos ke putaran Piala Asia U-23 yang akan digelar tahun 2024 mendatang.

Pelatih Shin Tae-yong pun berhasil mencatatkan sejarah dengan membawa Timnas lolos untuk pertama kali ke putaran final sejak turnamen tersebut digelar pada 2013.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengungkapkan rahasia kesuksesannya selama berjuang bersama Timnas Indonesia U-23. Ia menyebut nama Ketum PSSI, Erick Thohir sebagai salah satu faktor pendukung keberhasilan skuad Garuda.

"Pada zaman pak Erick Thohir komunikasi lebih lancar dan pak Ketum sering datang ke stadion. Jadi saya sangat senang sejak pak Erick Thohir jadi ketua umum," ungkap Shin Tae-yong

Saya mengucapkan terima kasih kepada pak Erick Thohir atas dedikasinya terhadap Timnas dan sepak bola Indonesia," tambahnya.

Tak hanya itu, kepedulian Ketum PSSI kepada semua pemain, pelatih, hingga ofisial tim dianggap oleh Shin Tae-yong begitu penting bagi perkembangan sepak bola Indonesia saat ini.

"Karena pak Ketum sangat peduli sama Timnas, pemain, ofisial dan staf pelatih. Makannya itu salah satu alasan sepak bola Indonesia bisa berkembang dan berprestasi," ujarnya.

Shin Tae-yong juga mengaku kaget bisa memimpin Indonesia menghadapi juara dunia, Argentina. Menurutnya itu adalah pengalaman yang sangat berharga dan berharap ke depan akan ada lagi laga uji coba melawan negara kuat lainnya.

"Jujur sangat kaget, karena sebelumnya kita tidak pernah uji coba melawan tim sekuat Argentina. Jadi, pertama ada berita kita lawan Argentina saya kaget. Walaupun kita kalah 2-0 itu sangat bagus untuk pengalaman pemain Timnas Indonesia dan kedepannya," kata Shin Tae-yong.

"Saya berterima kasih kepada pak Erick Thohir. Tapi saya minta tolong kepada Erick kalau nanti ada kesempatan seperti itu (lagi), supaya sepak bola Indonesia tetap berkembang," tutupnya.

Shin Tae-yong datang pertama kali ke Indonesia pada akhir tahun 2019 untuk mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021.

Namun saat itu Covid-19 melanda dan kejuaraan itu pun ditunda. Sampai akhir, ketika Piala Dunia U-20 tahun 2023 digelar, Indonesia batal jadi tuan rumah sehingga kesempatan untuk berlaga di turnamen tersebut gagal.

Kendati demikian proses terus berjalan untuk Timnas Indonesia dan saat berlaga di kualifikasi Piala Asia U-23, para pemain punya kesiapan yang matang sehingga mampu menunjukkan kelasnya di babak kualifikasi.