Timnas Indonesia

Arkhan Fikri Semakin Matang bareng Timnas U-23, Sudah Layak Bermain di Eropa?

Kamis, 14 September 2023 19:03 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Arema FC
Pemain Arema FC Arkhan Fikri pada laga Liga 1 antara Persita Tangerang vs Arema FC di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Sabtu (01/04/23). (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Pemain Arema FC Arkhan Fikri pada laga Liga 1 antara Persita Tangerang vs Arema FC di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Sabtu (01/04/23). (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Arema FC sangat beruntung memiliki Arkhan Fikri di tengah jebloknya performa maupun prestasi mereka di pentas Liga 1 Indonesia 2023/24.

Gelandang berusia 18 tahun itulah satu-satunya wakil tim berjulukan Singo Edan di timnas Indonesia. Dia terpilih dalam beberapa agenda sepanjang tahun ini.

Arkhan Fikri terlibat saat timnas Indonesia berlaga di Piala Asia U-20 yang berlangsung di Uzbekistan yang notabane partisipasi lanjutan pasca-Piala AFF U-19.

Sedangkan di timnas U-23, Fikri punya andil sampai Indonesia meraih runner-up di AFF U-23 Thailand. Dia juga berperan dalam kualifikasi Piala Asia U-23 di Solo.

Banyak pihak lalu menjagokannya untuk segera merantau dan merumput di Eropa. Lantas, apakah pemain kelahiran Serdang Bedagai, Sumatra Utara, itu layak berkarier di Benua Biru?

Performa Meningkat

Arema FC mendatangkan Arkhan Fikri setelah sang pemain berlaga bersama timnas-19  dalam turnamen Toulon Cup Prancis pertengahan 2022.

Sejak saat itu, performanya mulai meningkat. Arkhan yang baru berusia 17 tahun, diberi kesempatan lumayan besar di era kepelatihan Eduardo Almeida dan Javier Roca.

Sepanjang 2022/23, Arkhan Fikri tampil 16 kali, sembilan di antaranya sebagai starter dalam formasi Arema FC, sedangkan musim ini baru tujuh kali (3 starter).

Sehingga, banyak kalangan memprediksi gelandang berusia 18 tahun itu akan lebih sering menghiasi starting line-up Arema FC selepas FIFA Matchday.

Terlebih, Tim Singo Edan juga baru merampungkan 11 laga. Artinya, masih ada 23 pertandingan lagi yang memberinya kans tampil di Liga 1 2023/24.