Timnas Indonesia

Respons Erick Thohir Pasca Drawing Piala Dunia U-17 2023

Sabtu, 16 September 2023 09:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
BVB Legends Tour Indonesia bersama PSSI menggelar coaching clinic di Stadion Madya Senayan, Jumat (08/09/23). Acara dihadiri oleh tim pelatih Borussia Dortmund Legend dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
BVB Legends Tour Indonesia bersama PSSI menggelar coaching clinic di Stadion Madya Senayan, Jumat (08/09/23). Acara dihadiri oleh tim pelatih Borussia Dortmund Legend dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

INDOSPORT.COM - Drawing atau undian Piala Dunia U-17 2023 telah dilakukan pada Jumat (15/09/23). Hasilnya, menggembirakan bagi Indonesia karena terhindar dari grup neraka.

Pengundian dilakukan oleh Direktur Turnamen FIFA, Jaime Yarza yang didampingi mantan pemenang Piala Dunia FIFA U‑17 1995, Stephen Appiah dan Julio Cesar, yang tampil di final edisi 1995. 

Acara digelar di markas besar FIFA, Swiss tanpa menghadirkan perwakilan peserta dan pihak tuan rumah penyelenggara turnamen.

Berdasarkan hasil drawing, Indonesia menempati Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyambut baik hasil undian tersebut karena Timnas Indonesia U-17 terhindar dari grup neraka. Dia mendoakan tim asuhan Bima Sakti lolos ke babak selanjutnya.

"Jangan gentar, walaupun kita lolos otomatis sebagai tuan rumah. Mari kita  tunjukan kalau kita juga pantas tampil di ajang Piala Dunia U-17 ini,” kata Erick Thohir.

"Ini kocokan terbaik, saya punya harapan lain tapi tidak terwujud. Jika kita melihat tiga negara yang menjadi calon lawan, kita punya harapan. Semoga kita bisa lolos dari penyisihan," imbuhnya.

Setelah mengetahui calon lawan di Piala Dunia U-17 2023, Timnas U-17 akan segera berangkat ke Jerman untuk pemusatan latihan. Di sana, PSSI akan mencari lawan uji coba sesuai karakter lawan yang akan dihadapi di penyisihan grup. 

“Di Jerman, rangkaian uji coba harus kita sesuaikan dengan gaya bermain lawan-lawan d Grup A. Kita sedang berproses, hasil undian harus kita syukuri dan kemudian kerja keras mempersiapkan diri," jelas Erick Thohir.

Piala Dunia U-17 2023 diikuti 24 kontestan. Peserta dibagi ke dalam enam grup, dari Grup A hingga Grup F, dengan setiap grup berisi empat tim.