Liga 1

Tampil Gemilang Lawan Persikabo Teja Paku Alam Berpeluang Masuk Timnas Indonesia

Senin, 18 September 2023 07:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Arif Rahman/INDOSPORT
Penjaga gawang Persib Bandung, Teja Paku Alam, tampil gemilang di laga kandang Liga 1 2023-2024 menghadapi Persikabo 1973 dan diklaim layak ke Timnas Indonesia. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Penjaga gawang Persib Bandung, Teja Paku Alam, tampil gemilang di laga kandang Liga 1 2023-2024 menghadapi Persikabo 1973 dan diklaim layak ke Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Persib Bandung, Teja Paku Alam, tampil gemilang di laga kandang Liga 1 2023-2024 menghadapi Persikabo 1973 dan diklaim layak ke Timnas Indonesia.

Teja Paku Alam kembali tampil menjaga gawang Persib Bandung, pada pertandingan kompetisi Liga 1 2023-2024, saat menjamu Persikabo di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (16/09/23).

Sebelumnya, Teja Paku Alam pada tujuh pertandingan kompetisi Liga 1 2023-2024, tidak tampil memperkuat Persib, bahkan tak masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) di empat laga.

Mantan penjaga gawang Sriwijaya FC dan Semen Padang ini, tidak masuk dalam DSP di empat laga, lantaran menjalankan program pemulihan.

Saat comeback usai pulih dari cedera, Teja Paku Alam mampu menunjukkan kualitasnya dengan melakukan clean sheet dan membawa Persib meraih kemenangan 2-0 atas Persikabo.

Penampilan gemilang Teja Paku Alam pada pertandingan tersebut, membuat penjaga gawang yang menggunakan nomor punggung 14 berpeluang untuk dipantau kembali oleh tim pelatih Timnas Indonesia.

Teja Paku Alam sendiri, sebelumnya sempat memperkuat Timnas Indonesia, terakhir dia memperkuat skuad Garuda yakni tahun 2019 lalu, bersama Andritany dan Muhammad Ridho, untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Pelatih Persib, Bojan Hodak, turut memberi pujian terhadap penampilan Teja Paku Alam. Menurutnya, setelah absen dalam beberapa pertandingan, kiper berusia 29 tahun ini memiliki motivasi tinggi untuk kembali bermain.

Selain itu, selama persiapan untuk menghadapi Persikabo, penampilan Teja Paku Alam mengalami peningkatkan, sehingga pada pekan ke-12 tim pelatih merotasi posisi penjaga gawang.

Sebelumnya, saat Teja Paku Alam menjalankan program pemulihan, posisi penjaga gawang Persib diisi oleh Fitrul Dwi Rustapa.

"Fitrul sebenarnya bermain dengan bagus dalam empat laga terakhir, terutama di dua laga terakhir karena dia menunjukkan kemajuan. Tapi dalam sepekan terakhir di latihan, Teja memperlihatkan rasa laparnya, dan itu bagus dalam persaingan di dalam tim," ucap Bojan Hodak.

Menurut Bojan Hodak, persaingan penjaga gawang di Persib menurutnya sangat positif, pasalnya mereka bakal berusaha menampilkan permainan terbaiknya dan menjadi yang terbaik di dalam tim.

"Karena kini keduanya bersaing untuk mendapat tempat di tim utama dan jika tidak ada persaingan maka mereka bisa saja bersantai. Bisa dilihat tadi di pertandingan, Teja terlihat begitu lapar dan bermain dengan bagus, ini yang diharapkan dari dia," tegas Bojan Hodak.

Sama seperti Bojan, bek Persib, Daisuke Sato juga memuji penampilan Teja Paku Alam. Menurutnya, rekan satu timnya tersebut bisa menampilkan permainan terbaiknya di bawah gawang skuad Maung Bandung.

Selain itu, komunikasi Teja Paku Alam dengan pemain khususnya yang ada di lini pertahanan berjalan dengan baik, sehingga Persikabo kesulitan untuk membobol gawang tim kebanggaan Bobotoh.

Pemain timnas Filipina ini berharap, clean sheet pada pertandingan menghadapi Persikabo bisa berlanjut di laga selanjutnya dan skuad Maung Bandung kembali meraih kemenangan.

"Kami juga senang terhadap performa kiper hari ini, dan tentu juga para pemain belakang karena mencatatkan clean sheet," ucap Daisuke Sato.

"Kami memang membutuhkan itu dan harapannya kami ke depan bisa mendapatkan clean sheet lagi di laga berikutnya. Tapi yang pasti kami senang dengan tiga poin ini," tegas Daisuke Sato.

Teja Paku Alam sendiri mengaku bersyukur, bisa melalui masa-masa yang cukup berat dan akhirnya bisa kembali mendapatkan kepercayaan tampil serta berhasil melakukan clean sheet.

"Alhamdulillah bisa tampil lagi setelah tujuh pertandingan teja mengalami sedikit masalah, memang itu biasa di sepak bola, masa berat dan akhirnya alhamdulillah bisa dipercaya lagi sama pelatih. Artinya seneng," kata Teja Paku Alam.

Selain itu, rekan-rekannya tim berperan penting dalam penampilan, sehingga pada pertandingan menghadapi Persikabo dia berhasil clean sheet dan membawa Persib meraih kemenangan.

"Sebenarnya komunikasi antar pemain saling support, mereka pun support teja balik lagi, 'ayo kita buktikan sama-sama' kita saling support sesama pemain," jelasnya.

"Alhamdulillah Teja bisa mempertahankan gawang ya, ini clean sheet pertama Teja musim ini semoga bisa mempertahankannya terus," harapnya.