Liga 1

Ze Valente Jelang Hadapai Sang Ayah di Derbi Jatim Persebaya vs Arema FC

Rabu, 20 September 2023 13:50 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@officialpersebaya
Menjelang Derbi Jatim akhir pekan ini, pemain Persebaya Surabaya, Ze Valente, mengungkapkan persiapan menghadapi tim yang dilatih ayahnya, Arema FC. (Foto: Instagram@officialpersebaya) Copyright: © Instagram@officialpersebaya
Menjelang Derbi Jatim akhir pekan ini, pemain Persebaya Surabaya, Ze Valente, mengungkapkan persiapan menghadapi tim yang dilatih ayahnya, Arema FC. (Foto: Instagram@officialpersebaya)

INDOSPORT.COM - Menjelang Derbi Jatim akhir pekan ini di Liga 1, pemain Persebaya Surabaya, Ze Valente, memastikan akan profesional menghadapi tim yang dilatih ayahnya, Arema FC.

Pertandingan Liga 1 yang mempertemukan Persebaya Surabaya vs Arema FC menyisakan tiga hari lagi. Duel yang bertajuk Derbi Jatim ini sesuai jadwal berlangsung pada Sabtu (23/09/23) mendatang. 

Menjelang pertandingan, Bajul Ijo terus melakukan persiapan, tak terkecuali Ze Valente. Dia mengaku akan profesional menghadapi tim yang saat ini dilatih ayahnya, Fernando Valente.

“Tidak akan memengaruhi di lapangan. Saya fokus di Persebaya untuk memenangkan pertandingan,” katanya setelah mengikuti latihan di Lapangan Thor, Selasa (19/09/23).

Bahkan ketika disinggung motivasi memenangkan pertandingan karena melihat ayahnya di Arema FC, pemain asal Portugal ini kembali menampiknya.

“Motivasi di sini hanya memenangkan pertandingan, jadi tidak ada motivasi untuk mengalahkan ayah saya,” jelasnya.

Dia menambahkan, setelah pertandingan melawan Madura United akhir pekan kemarin sudah tidak ada pembahasan mengenai sepak bola.

“Saat ini dia pasti fokus untuk (Arema FC) timnya,” singkatnya kepada awak media.

Pertandingan Derbi Jatim diprediksi bakal berlangsung seru, ketat, dan penuh rivalitas antarkeduanya. Terlebih Persebaya Surabaya yang baru saja menelan kekalahan 0-3 dari Madura United pada pekan ke-12 Liga 1.

Sedangkan Arema FC pada pertandingan sebelumnya juga belum memetik kemenangan. Singo Edan hanya mampu meraih hasil imbang 0-0 saat melawan Persita Tangerang.

Siap Bantu Persebaya

Ze Valente blak-blakan siap membantu Persebaya Surabaya menjelang laga melawan Arema FC akhir pekan ini. Tak tanggung-tanggung, sejumlah informasi penting bagaimana cara dan gaya permainan ayahnya.

Hal ini dia sampaikan setelah mengikuti latihan rutin Bajul Ijo di Lapangan Thor Surabaya beberapa hari lalu.

“Saya sudah pernah bertemu dengan ayah saya dan sudah pernah bekerja di satu tim. Jadi saya sedikit banyak tahu cara bermain ayah saya sendiri,” jelasnya.

“Jadi saya sebisa mungkin memberikan informasi yang didapat dan memberikannya ke pelatih karena ingin memenangkan pertandingan di hari Sabtu,” lanjutnya.

Josep Gombau Sudah Tahu Rivalitas Persebaya dan Arema FC

Sementara itu, Josep Gombau sudah mengetahui rivalitas Persebaya Surabaya dan Arema FC.

“Dalam suatu liga, pasti akan ada derbi semacam ini, Tentu saya ingin Persebaya bisa menang, terutama ini laga home dan membuat suporter senang,” katanya.

Selain mengetahui rivalitas kedua tim, Josep Gombau juga pernah bertanding melawan Arema FC pada musim 2010 lalu.

Ketika itu dia menangani tim Kitchee FC dan bertemu Arema FC pada ajang kompetisi AFC cup. Bekal pertemuan itu yang membuatnya paling tidak mengetahui kekuatan Singo Edan.

“Ya, saya tahu Arema FC cukup lama. Tapi saat ini tentu staf pelatih sudah mendiskusikannya dan kami mendapatkan informasi mengenai Arema FC untuk bisa memenangkan pertandingan besok,” jelasnya.