Bola Internasional

Bali United Bantai Tim Filipina di AFC, Spasojevic: Kami Pantas Menang!

Kamis, 21 September 2023 10:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Foto: MO Bali United
Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic, gembira dengan kemenangan fantastis atas Stallion Laguna FC pada pembuka Piala AFC 2023-2024. Copyright: © Foto: MO Bali United
Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic, gembira dengan kemenangan fantastis atas Stallion Laguna FC pada pembuka Piala AFC 2023-2024.

INDOSPORT.COM - Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic, gembira dengan kemenangan fantastis atas Stallion Laguna FC pada pembuka Piala AFC 2023-2024. Serdadu Tridatu patas menang 5-2 di Binan Football Stadium, Filipina, Rabu (20/9/23).

Spaso membuktikan kelasnya pada laga ini. Ia mencetak dua gol penting pada menit ke-27 dan 73. Tiga gol lain Bali United dicetak Haudi Abdillah menit ke-33, Mohammed Rashid menit ke-53, dan Rahmat menit ke-70.

Namun, bila bicara pahlawan kemenangan pada laga ini, Adilson Maringa pantas diberi acungan jempol. Tepisan penalti Maringa menjadi penentu laga ini.

Ya, Maringa menepis tendangan penalti pemain Stallion Laguna menit ke-45. Penalti itu terjadi saat Bali United hanya memimpin 2-1 dan Ilija Spasojevic baru saja gagal mengeksekusi penalti.

Keberhasilan Maringa mengangkat motivasi Bali United. Pada akhirnya tiga gol tambahan pada babak kedua membuat gol Stallion yang dicetak Abraham Placito menit ke-88 menjadi tak berarti apapun.

"Kami bermain dengan bagus dan bisa mencetak lima gol di sini. Kami tidak menyangka, tapi permainan tim benar-benar mengesankan. Performa dari seluruh tim, baik yang memulai pertandingan atau yang masuk sebagai pemain pengganti," kata Spaso usai pertandingan.

Spaso menilai, meski Stallion Laguna kalah telak, performa skuat besutan Ernest Thomas Victoria Nierras tak bisa dikatakan jelek. Namun, Bali United lebih efektif dalam memanfaatkan peluang.

"Kami juga perlu mengucapkan selamat untuk tim tuan rumah. Mereka bermain dengan baik, tapi menurut saya, kami pantas mendapatkan hasil ini," tutur Spaso.

Spaso menilai duel Piala AFC 2023-2024 grup G menjadi hiburan yang super menarik. Spaso bercerita momen di akhir babak pertama ketika dia dan pemain Stallion Laguna gagal mengeksekusi penalti.

Penalti itu sama-sama bisa menentukan jalannya pertandingan pada babak kedua. Setelah gagal mengeksekusi penalti, Spaso berusaha meyakinkan dirinya sendiri untuk melakukan hal yang lebih baik.

"Ini pertandingan yang sangat menarik untuk disaksikan. Kedua tim bermain dengan intensitas tinggi dalam 90 menit," jelas Spaso.

"Sekali lagi, Stallion bermain bagus, mereka bekerja keras, tapi kami bermain impresif dan layak mendapatkan tiga poin untuk Indonesia," sambungnya.

Ditambahkan pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, kemenangan fantastis ini tak lepas dari keberhasilan timnya dalam memanfaatkan peluang.

Berbeda dengan situasi saat melawan RANS Nusantara FC di Liga 1, kini setiap peluang yang didapat bisa dikonversikan menjadi gol kemenangan.

"Saya pikir jalannya pertandingan berlangsung baik dan menarik. Kami bersemangat menjalankan pertandingan ini dengan hadirnya suporter yang datang," tutur Teco.

"Mengenai tim ini kami bermain terbuka dan memperbaiki soal finishing. Hasilnya kami bisa memperoleh hasil positif," imbuhnya.

Kemenangan ini membuat Bali United untuk sementara menjadi pemuncak klasemen Piala AFC 2023-2024 grup G.

Sementara peringkat kedua ditempati wakil Malaysia, Terengganu FC, yang diluar dugaan mampu mengalahkan wakil Australia, Central Coast Mariners.

Terengganu FC menang 1-0 di Stadion Sultan Mizan Zainal Abidin, Malaysia, lewat gol bunuh diri pemain Central Coast Mariners, Nathan Paull menit ke-45+1.

Pada laga berikutnya, Bali United akan melawan Terengganu FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada 4 Oktober 2023 mendatang. Sementara Central Coast Mariners menjamu Stallion Laguna di Australia.