Liga 1

Persik Kediri Hadapi Situasi Rumit di Tengah Keinginan Bangkit Di Liga 1

Kamis, 21 September 2023 12:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© MO Persik Kediri
Persik Kediri menghadapi situasi yang cukup rumit jelang menatap jadwal pekan ke-13 Liga 1 2023/2024 ke markas Persikabo 1973, Sabtu (23/9/23) mendatang. (Foto: MO Persik Kediri) Copyright: © MO Persik Kediri
Persik Kediri menghadapi situasi yang cukup rumit jelang menatap jadwal pekan ke-13 Liga 1 2023/2024 ke markas Persikabo 1973, Sabtu (23/9/23) mendatang. (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Persik Kediri menghadapi situasi yang cukup rumit jelang menatap jadwal pekan ke-13 Liga 1 2023/2024 ke markas Persikabo 1973, Sabtu (23/9/23) mendatang.

Kerumitan itu tak lepas dari kondisi para pemain andalan yang masih dibekap cedera. Ironisnya, hal ini terjadi di tengah upaya bangkit dari keterpurukan.

Sebagaimana diketahui, separuh lebih pemain penting Persik Kediri tak berpartisipasi dengan sejumlah sebab pada beberapa laga terakhir kompetisi.

Imbasnya pun nyata, setelah tim berjulukan Macan Putih itu tak mampu menang selama 4 laga terakhir. Hasil terbaik, adalah imbang 1-1 lawan PSIS Semarang (25/8/23).

Sementara 3 laga lainnya berujung kekalahan. Dimulai saat kalah 0-2 dari Barito Putera (19/8/23), 0-1 vs Rans Nusantara FC (1/9/23) dan 1-2 menjamu Persija Jakarta (17/9/23).

Dalam periode itu, beberapa pilar asing bergantian cedera. Mulai Simen Lyngbo, Flavio Silva, hingga Jefinho. Dua nama terakhir penyumbang 5 gol untuk Persik.

Tanpa Flavio dan Jefinho, lini serang jadi tumpul. Absennya Anderson Nascimento dan Simen Lyngbo juga berpengaruh terhadap rapuhnya sektor pertahanan.

"Terlepas dari faktor (pemain cedera) itu, tim ini memang harus berbenah untuk bisa lebih baik lagi ke depan," ujar Pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide.

Imbasnya pun langsung nyata pada posisi tim peraih trofi Liga Indonesia 2003 dan 2006 itu di klasemen. Persik kini bahkan terancam kembali ke zona degradasi.

Arthur Irawan dkk menempati urutan 14 klasemen Liga 1 dengan 12 poin saat ini. Mereka hanya terpaut 1 angka dengan Persita Tangerang di batas aman degradasi.

Kejar Pemulihan Cedera

Bertumpunya Persik Kediri terhadap para pemain asing membuat klub mesti mencari solusi terbaik atas berbagai problem yang kini dihadapi.

Yang paling realistis, Tim Macan Putih berupaya mengejar pemulihan kondisi para pemain penting jelang berangkat menuju Bogor, menantang Persikabo 1973.

Semakin bagusnya progres Flavio Silva memberi sedikit angin segar bagi Persik. Dia kini menunggu lampu hijau dari tim medis untuk kembali merumput.

"Kondisi (cedera) Jefinho dan Flavio Silva sudah lebih baik. Progres mereka terus kami pantau,"  ucap dokter tim Persik Kediri, Muhammad Yusuf Zulfikar.

"Tentu, butuh waktu untuk mereka kembali (ke level terbaik), tidak bisa buru-buru. Tidak bagus juga jika dipaksakan (tampil)," sambung dia.

Kabar baiknya, adalah kembalinya Anderson Nascimento yang sempat absen karena sanksi akumulasi kartu kuning saat melawan Persija Jakarta.

Lini pertahanan juga semakin kokoh seiring pulihnya Simen Lyngbo. Bek kanan Filipina ini sudah absen selama 6 laga dan mendapat atmosfer beberapa menit di laga terakhir.

Sedangkan untuk lini serang, Flavio dan Jefinho tetap jadi prioritas. Tapi jika masih tak bisa tampil, Mohammad Khanafi tetap akan diandalkan sebagai goal getter.