Liga 1

Rumor Transfer Liga 1: Wiljan Pluim Segera Cerai dari PSM, Persib Auto Ngantre

Rabu, 20 September 2023 19:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Rumor transfer Liga 1 terus bergejolak meski bursa transfer paruh musim belum dibuka, kali ini ada Wiljan Pluim yang diduga akan 'cerai' dari PSM Makassar. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Rumor transfer Liga 1 terus bergejolak meski bursa transfer paruh musim belum dibuka, kali ini ada Wiljan Pluim yang diduga akan 'cerai' dari PSM Makassar. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Rumor transfer Liga 1 terus bergejolak meski bursa transfer paruh musim belum dibuka, kali ini ada Wiljan Pluim yang diisukan akan cerai dari PSM Makassar.

Sebagaimana diketahui, Willem Jan Pluim adalah pemain asing yang sudah lama membela PSM Makassar. Pemain asal Belanda itu membela Pasukan Ramang sejak tahun 2016 silam.

Salah satu pencapaian terbaiknya adalah membawa PSM Makassar menjuarai Piala Indonesia 2018/2019, hingga juara Liga 1 2021/2022.

Sang kapten masih setia bersama Juku Eja meski pemain dan pelatih datang dan pergi. Bahkan, harus diakui tidak banyak pemain lawas yang tersisa di tubuh PSM saat ini.

Wiljan Pluim pernah mendapatkan arahan dari berbagai pelatih, mulai Robert Rene Alberts, Darije Kalezic, Bojan Hodak, Milomir Seslija, Joop Gall, hingga kini Bernardo Tavares.

Namun, memasuki tahun ke-8 bersama PSM Makassar, Wiljan Pluim kabarnya akan hengkang dari klub. Juku Eja diduga kesulitan keuangan untuk membayar gaji pemain.

Bahkan, beberapa waktu lalu ada seseorang yang mengaku sudah lama memberi pinjaman untuk operasional PSM, tetapi sampai saat ini belum dilunasi oleh para petinggi klub.

Baru-baru ini, para pemain PSM Makassar, yakni Yakob Sayuri dan Yance Sayuri juga memberikan 'kode' di media sosial, jika gaji para pemain belum dibayarkan oleh klub.

Terlepas dari apa pun masalah yang menimpa klub PSM Makassar saat ini, kabar mengenai Wiljan Pluim yang ingin hengkang tentu saja mengejutkan penggemar.

Peluang Merapat ke Persib Bandung

Andai Wiljan Pluim benar-benar hengkang dari PSM Makassar, nampaknya tidak butuh waktu lama bagi pemain berusia 34 tahun itu untuk mendapatkan klub baru di level Liga 1.

Konon, sudah ada tiga klub yang mengantre ingin mendapatkan jasa sang kapten, mulai dari Dewa United, Persis Solo, hingga Persib Bandung.

Di antara tiga klub tersebut, Wiljan Pluim mungkin paling dekat dengan kubu Persib Bandung. Pasalnya, klub asal Jawa Barat itu kini sedang diampu oleh Coach Bojan Hodak.

Pelatih berkebangsaan Kroasia itu pernah bekerja sama dengan Wiljan Pluim ketika ia masih membesut PSM Makassar di Liga 1 2020 lalu.

Selain itu, Pluim juga bisa bereuni dengan rekan asal Belanda, Marc Klok, yang juga pernah bersama-sama berjuang di PSM Makassar pada beberapa tahun silam.

Faktanya, Marc Klok pernah menuturkan bahwa ia harus tinggalkan PSM Makassar dan merapat ke Persija (sebelum ke Persib), sebab klub asal Sulawesi itu alami krisis keuangan.

"Saya masih ingat, waktu itu PSM punya financial problem, mereka tidak punya uang lagi. Banyak pemain harus keluar, dan saya masih kontrak lama di sana," ungkap Klok.

"Tapi ada momen datang saat hasil tidak terlalu baik, dan juga mereka (PSM) punya kesulitan, Persija mau bayar transfer fee," jelas Marc Klok di kanal Youtube Sport 77.

"Mereka juga sedikit senang melepas saya untuk datang ke Persija, karena mungkin kesulitan (finansial)," katanya.

Dengan fakta ini, apakah Wiljan Pluim akan benar-benar menyusul Marc Klok untuk hijrah dari PSM Makassar, untuk menerima pinangan Persib Bandung di bursa transfer Liga 1 nanti?