Liga Indonesia

2 Pemain Papua Gagalkan Kemenangan Persipura Jayapura dan PSBS Biak di Liga 2

Jumat, 22 September 2023 19:37 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Official Persipura Jayapura
Skuad Persipura jelang laga menghadapi Persiba Balikpapan dalam lanjutan Liga 2 di Stadion Mandala, Kota Jayapura. Copyright: © Official Persipura Jayapura
Skuad Persipura jelang laga menghadapi Persiba Balikpapan dalam lanjutan Liga 2 di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura dan PSBS Biak gagal menang pada laga kandang mereka dalam lanjutan kompetisi Pegadaian Liga 2 Grup IV, Jumat (22/09/23). 

Persipura ditahan imbang Persiba Balikpapan dengan skor 1-1 di Stadion Mandala, begitu pula PSBS yang harus berbagi angka 1-1 dengan Persipal Palu di Stadion Cenderawasih.

Uniknya, dua klub tersebut gagal mengalahkan lawannya akibat gol yang dicetak oleh pemain asal Papua.

Persipura yang sempat unggul lebih dulu pada menit ke-50 lewat gol Elisa Basna, berhasil disamakan oleh Persiba lewat gol jarak jauh pemain asal Papua, Septinus Alua pada menit ke-53.

PSBS juga yang sempat unggul lewat gol Beto Goncalves pada menit ke-24 akhirnya harus menerima hasil imbang setelah pemain asal Papua, Irvan Mofu menyamakan kedudukan untuk Persipal Palu pada menit ke-50. Mofu menggagalkan kemenangan klub asal tanah leluhurnya, Biak Numfor.

Pelatih Persipura, Tony Ho mengaku kegagalan timnya meraih tiga poin di Mandala adalah kesalahannya. Ia bertanggung jawab atas kegagalan tersebut.

"Terlepas dari semua itu, pemain sudah berusaha keras dan kita berupaya untuk menang. Adapun hasil di laga hari ini saya yang bertanggung jawab," kata Tony Ho usai pertandingan.

Gelandang Persiba asal Papua yang menjadi penyelamat timnya, Septinus Alua juga senang bisa mencetak gol dan menghindarkan timnya dari kekalahan.

Ia menyebut, satu poin yang diraih di Mandala menjadi modal berharga bagi Persiba untuk menatap laga berikutnya di markas PSBS Biak.

"Ini menjadi modal kita ke Biak nanti. Mencuri poin di markas Persipura sangat mustahil tapi kita bisa mencuri poin. Saya terkejut juga dengan gol yang saya cetak, tapi saya bersyukur bisa cetak gol hari ini," kata Septinus.

Dari kubu PSBS Biak, pelatih Hendro Susilo tetap mengapresiasi penampilan anak asuhnya di laga tersebut meskipun gagal meraih kemenangan di markas sendiri.

"Penampilan para pemain sudah luar biasa selama 90 menit pertandingan, tapi hasil yang kita raih membuat kita sedikit kecewa karena gagal meraih tiga poin. Tapi kita tetap bersyukur dengan raihan satu poin," katanya usai laga.

Irvan Mofu, pencetak gol Persipal ke gawang PSBS meminta maaf karena gol yang ia cetak menggagalkan kemenangan klub sepak bola asal tanah leluhurnya. Namun ia tetap bersikap profesional sebagai pesepakbola.

"Saya minta maaf, Biak ini tanah leluhur saya juga. Tapi saya harus kerja profesional, saya berusaha maksimal di pertandingan ini, dan bersyukur saya bisa cetak satu gol. Target kita dari awal menang, tapi hasil satu poin ini kita sangat syukuri," kata Irvan.