Liga 1

Konsistensi Liga 1 yang Tak Henti Orbitkan Pemain Timnas Indonesia ke Level Asia

Jumat, 22 September 2023 15:57 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta, dikawal ketat winger PSIS, Gali Freitas, dalam laga pekan ke-12 Liga 1 2023-2024 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (16/9/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta, dikawal ketat winger PSIS, Gali Freitas, dalam laga pekan ke-12 Liga 1 2023-2024 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (16/9/23).

INDOSPORT.COM - Kompetisi yang sehat menjadi modal untuk menciptakan pemain-pemain berkualitas. Hal itu terus dibuktikan Liga 1 Indonesia 2023/24 yang menelurkan para pemain muda yang kian dipercaya mengemban tugas negara di timnas Indonesia.

Pembuktian kualitas generasi muda sudah terlihat sejak timnas U-22 mengukir sejarah meraih medali emas di SEA Games 2023. Pemain-pemain yang sama pun terus dipercaya dalam ajang-ajang internasional lain.

Satu yang baru saja berlangsung adalah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan Solo, 9-12 September lalu. Bahkan terdapat beberapa nama baru yang sebelumnya tak dipanggil dalam ajang SEA Games.

Satu di antaranya adalah Ramadhan Sananta yang menunjukkan kualitasnya sebagai striker haus gol. Ia menjadi penyegar pemain muda Indonesia di lini serang yang dalam beberapa tahun terakhir seperti sulit melahirkan penyerang tajam.

Sananta merupakan striker andalan Persis Solo. Ia bersaing secara sehat dengan striker-striker asing yang memeriahkan BRI Liga 1 2023/24.
 
Kepercayaan Shin Tae-yong pada striker kelahiran Kepulauan Riau ini tak lepas dari kontribusinya dapat mencetak lima gol di Liga 1 2023/24. 

Tak butuh waktu lama, Sananta pun langsung membuktikan dengan mencetak gol ke gawang Taiwan untuk mewarnai kemenangan supertelak 9-0.

Berkat tempaan Liga 1 2023/24 pula, Sananta dkk. menghadirkan prestasi membanggakan berupa mengantarkan timnas Indonesia pertama kalinya berkiprah di Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung di Qatar.

Kesuburan Sananta dalam mencetak gol tak lepas dari kepercayaan pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, menjadikannya pilihan utama di klub. 

Selain Sananta, Persis juga mengorbitkan Irfan Jauhari sebagai striker di timnas Indonesia. Medina pun berharap yang terbaik untuk dua striker mudanya itu.

"Memiliki dua pemain muda yang bermain di timnas sangat bagus sekali. Saya berharap mereka bisa menunjukkan yang terbaik di Tim Nasional dan dapat menjadi top player." kata Medina dari laman resmi klub.

Tentu saja bukan hanya dari Persis Solo. Klub-klub BRI Liga 1 2023/24 juga menyumbangkan pamain terbaiknya ke timnas senior ataupun junior. 

Pada skuad timnas U-23, ada beberapa pemain yang menonjol di Liga 1 2023/24. Sebut saja Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Beckham Putra, Robi Darwis (Persib Bandung), ataupun Amiruddin Bagas Kaffa (Barito Putera).

Konsistensi menciptakan pemain muda berkualitas selaras dengan salah satu alasan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI mendukung penuh penyelenggaraan kompetisi Liga 1 2023/24. 

Direktur Utama BRI Sunarso terus menekankan agar kompetisi yang berjalan menjadi batu loncatan para pemain muda menjadi bintang internasional.

“Yang saya soroti adalah bagaimana kompetisi ini bisa terus mewadahi para pemain muda untuk terus mengasah potensi terbaik dan BRI Liga 1 ini menjadi wujud komitmen kami untuk mendukung para pesepak bola di Indonesia untuk terus berprestasi,” tandas Sunarso.

#BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola