Liga 1

Efek Besar Derby Jateng dalam Kemenangan Tandang Perdana Persis Solo di Liga 1

Sabtu, 23 September 2023 09:42 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Persis Solo
Penyerang Persis Solo, David Gonzalez, merayakan golnya ke gawang RANS Nusantara FC dalam pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Maguwoharjo, Jumat (22/9/23). Copyright: © Persis Solo
Penyerang Persis Solo, David Gonzalez, merayakan golnya ke gawang RANS Nusantara FC dalam pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Maguwoharjo, Jumat (22/9/23).

INDOSPORT.COM - Bek Persis Solo, Rian Miziar, berbicara efek Derby Jawa Tengah dalam kemenangan atas Rans Nusantara FC 2-1, Jumat (22/9/23). Mentalitas mereka terdongkrak hingga bisa mendulang tiga poin tandang perdana di Liga 1 Indonesia 2023/24.

Persis Solo harus menunggu sampai pekan ke-13 untuk meraih kemenangan tandang perdana di Liga 1. Hebatnya, kemenangan justru bisa dicatatkan atas Rans FC di Stadion Maguwoharjo.

Saat Rans FC lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan, Persis Solo mengamankan tiga poin berkat gol berkelas David Gonzalez dan Alexis Messidoro.

Tak terlihat pengaruh dari absennya Sutanto Tan dan Fernando Rodriguez pada lawan melawan Rans. Arapenta Poerba dan Shulton Fajar bisa tampil keren secara bergantian.

Rian Miziar pun membongkar pengaruh besar dari kemenangan atas PSIS pada 16 September lalu. Kemenangan dalam laga bertajuk Derby Jateng mengangkat mentalitas dan percaya diri untuk meraih poin di markas Rans FC.

"Derby Jawa Tengah memberikan efek luar biasa. Teman-teman tahu bahwa sebelum derby, kami kalah dua kali beruntun. Selepas itu, kami harus menghadapi derby," kata Rian Miziar, Jumat (22/9/23).

"Saya sampai susah tidur. Kami harus menghadapi derby dengan mental yang kurang bagus. Tapi kita kerja sama dengan coach Leo, teman-teman pemain semua. Kami berkeyakinan bahwa kami mampu. Derby Jateng penting karena kami menang dengan identitas Persis," lanjutnya. 

Mentalitas terangkat ketika Persis Solo bertandang ke markas Rans Nusantara FC. Rian Miziar menyebut posisi lawan di 3 besar tak membuat nyali Laskar Sambernyawa ciut.

"Ketika lawan Rans FC saya pikir kami cuma perlu waspada, tidak perlu takut. Ketika kami waspada, Alhamdulillah kami bisa mendapatkan hasil yang bagus," tutur Rian Miziar. 

Motivasi menjadi berlipat karena Persis Solo tak pernah memenangi laga tandang. Dalam enam laga tandang sebelumnya, mereka hanya mendapatkan dua hasil imbang dan empat kekalahan.

Rian Miziar menilai kemenangan ini adalah buah dari kerja keras selama masa persiapan. Pada akhirnya permainan yang mereka inginkan terwujud dengan bagus.

Andai sederet peluang emas Persis Solo bisa berbuah gol, Persis bisa menang dengan margin lebih dari satu gol. Namun, gol David Gonzalez plus Messidoro sudah cukup mengunci kemenangan.

"Kami punya rekor tandang yang buruk, belum pernah menang di laga tandang. Alhamdulillah tim kami pantas mendapatkan ini semua," ungkap Rian Miziar. 

Mantan pemain PSS Sleman ini turut berbicara peran penting suporter Persis Solo. Meski tidak bisa hadir langsung di Stadion Maguwoharjo, mereka memberi dukungan lain yang berpendar untuk tim.

"Ini juga berkat doa dan dukungan dari fans Persis, di mana pun berada. Mereka berhak untuk menikmati kemenangan ini," ucap Rian Miziar.

Sambutan luar biasa langsung diberikan para suporter setelah kemenangan tandang perdana di Liga 1 2023/24. Fans Persis mengawal rombongan bus pemain begitu masuk wilayah Kartasura hingga mes di dekat Stadion Sriwedari.

Laskar Sambernyawa dalam gairah tinggi untuk melanjutkan tren heroik saat melawan Persija Jakarta, Sabtu (30/9/23). Kemungkinan laga ini menjadi yang terakhir di Stadion Manahan sebelum sterilisasi untuk Piala Dunia U-17 2023.