Liga 1

Josep Gombau Bidik Kado Perkenalan Gebuk Arema FC untuk Suporter Persebaya

Sabtu, 23 September 2023 10:20 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih baru Persebaya Surabaya, Josep Gombau memimpin latihan di Stadion Gelora 10 Nopember. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih baru Persebaya Surabaya, Josep Gombau memimpin latihan di Stadion Gelora 10 Nopember. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persebaya Surabaya, Josep Gombau, termotivasi untuk bisa meraih poin penuh melawan Arema FC dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2023/24, Sabtu (23/9/23) nanti sore.

Duel bertajuk Derbi Jawa Timur ini berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) mulai pukul 15.00 WIB. Josep Gombau mengaku sangat terpacu untuk bisa meraih poin penuh atas Arema FC.

“Semua sudah siap. Persiapan juga sudah dilakukan. Para pemain sangat termotivasi untuk menyambut pertandingan besok,” kata Gombau dalam sesi konferensi pers di Sutos Surabaya, Jumat (22/9/23).

Dia berharap semua pemainnya dapat mengeluarkan seluruh kemampuan pada laga besok melawan Arema FC yang kerap dijuluki El Clasico Timur.

“Besok akan menjadi pertandingan yang menarik karena semua pemain akan mengeluarkan semuanya dan berharap bisa mendapatkan tiga poin,” lanjut pelatih asal Spanyol ini.

Josep Gombau menambahkan, sehari menjelang Derbi Jatim semua pemain Persebaya dalam kondisi bugar. Sehingga, dirinya tidak terlalu risau melakukan taktik dan strategi pada saat menghadapi Arema FC.

“Tidak ada cedera. Semua pemain bisa dimainkan dan dalam kondisi prima. Persebaya bisa menurunkan kekuatan penuh, jadi enggak ada masalah untuk pertandingan nanti,” ungkapnya.

Pertandingan Persebaya Surabaya vs Arema FC merupakan laga dengan tensi yang tinggi, mulai di atas lapangan hingga kedua suporter. Josep Gombau toh mengaku sudah terbiasa.

Pelatih berkebangsaan Spanyol ini menjelaskan sudah terbiasa dengan pertandingan derbi atau rivalitas tinggi antarkedua tim dan suporter.

“Sebelumnya pernah menjalani laga tensi tinggi waktu melatih di Australia Victory Sydney yang dihadiri 60-70 (ribu) penonton,” jelasnya.

Selain itu Josep Gombau juga pernah memiliki pengalaman di timnas Australia pada 2016 silam dan asisten pelatih timnas Australia U-23.

“Jadi (saya) sudah pernah merasakan atmosfer yang bahkan jauh lebih besar daripada pertandingan nanti,” jelas Gombau kepada awak media.

Tekad Jaga Tren Positif

Josep Gombau optimistis mempertahankan tren positif Persebaya Surabaya yang selalu memetik poin saat bertemu Arema FC. Mereka memetik empat kali kemenangan dan sekali imbang ari lima pertandingan terakhir.

Rasa optimistis ini diungkapkan pelatih asal Spanyol ketika disinggung mengenai putusnya tren positif di Liga 1 gara-gara dibekap Madura United kemarin.

“Memang statistik mirip seperti pertemuan melawan Madura (United) tapi pastinya berbeda, bukan berarti kemarin tak kalah tiba-tiba dikalahkan terus besok seperti itu lagi,” beber Josep Gombau.

“Kami sudah melakukan persiapan dengan baik, kali ini tim juga dalam mental bagus, kerja keras di latihan. Jadi sudah jauh (lebih baik) mempersiapkan lawan Arema FC besok,” pungkasnya.