Liga 1

Lepas Ramadhan Sananta ke Timnas U-24, Persis Solo Keropos Hadapi Persija di Liga 1

Senin, 25 September 2023 17:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Aksi striker Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta saat menghadapi Taiwan pada Kualifikasi Piala Asia U-23 di stadion Manahan Solo, Sabtu (09/9/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Aksi striker Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta saat menghadapi Taiwan pada Kualifikasi Piala Asia U-23 di stadion Manahan Solo, Sabtu (09/9/23).

INDOSPORT.COM - Persis Solo buka suara terkait alasan melepas Ramadhan Sananta ke Timnas Indonesia U-24 untuk mengikuti Asian Games 2022. Garuda Muda dirasa butuh striker, meski risikonya Laskar Sambernyawa keropos saat melawan Persija Jakarta di Liga 1 2023-2024.

Persis Solo resmi melepas Sananta ke China per Senin (25/09/23). Hal ini mengubah sikap Laskar Sambernyawa yang awalnya enggan melepas Sananta ke Asian Games 2022 yang bukan agenda FIFA.

Sananta dilepas ke China setelah Timnas U-24 mengunci tiket babak 16 besar cabor sepak bola di Asian Games 2022. Indonesia lolos dengan status tim peringkat tiga terbaik di fase grup.

Sananta pun bakal diandalkan Timnas U-24 untuk pertandingan babak 16 besar pada Kamis (28/09/23). Indonesia kemungkinan besar akan menghadapi Uzbekistan di Shangcheng. 

Persis Solo menjelaskan keputusan untuk melepas Sananta. Keputusan ini diklaim tak ada hubungannya dengan desakan agar Persis Solo disanksi karena tak melepas Sananta.

"Tapi karena pertimbangan klub yang melihat bahwa Timnas sedang membutuhkan Sananta berdasarkan performa tim di babak penyisihan Asian Games," demikian pernyataan resmi Persis Solo, Senin (25/09/23).

Persis Solo juga mengapresiasi langkah PSSI untuk menyesuaikan jadwal Liga 1 2023-2024. Penyesuaian ini berkaitan dengan adanya potensi tabrakan jadwal saat Piala Asia U-23 2024 bergulir.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sudah meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menghentikan kompetisi Liga 1 saat Piala Asia U-23 berjalan pada April mendatang.

"Bagi Persis, keputusan ini bisa menjadi jalan tengah untuk kepentingan bersama, sehingga tujuan kompetisi agar PSSI mendapatkan pemain berkualitas bisa sejalan dengan dengan visi-misi para anggota," jelas Persis Solo.

"Persis juga sudah berkoordinasi bahwa Sananta akan langsung bergabung bersama tim setelah selesai menunaikan tugas kenegaraan bersama Timnas," lanjut Persis Solo.

4 Pilar Absen

Bagi Persis Solo, melepas Ramadhan Sananta ke Asian Games 2022 bukannya tanpa risiko. Persis Solo akan kehilangan empat pilar saat melawan Persija Jakarta, Sabtu (30/09/23).

Empat pilar yang absen dalam laga pekan ke-14 Liga 1 2023-2024 adalah Diego Bardanca, Moussa Sidibe, Fernando Rodriguez dan Ramadhan Sananta.

Diego Bardanca dan Moussa Sidibe absen karena akumulasi kartu kuning. Sementara Fernando Rodriguez absen karena menemani istrinya yang melahirkan di Spanyol. 

Praktis, lini depan hanya menyisakan nama David Gonzalez, karena Arkhan Kaka Putra Purwanto menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-17 di Jerman.

"Persis Solo berharap keputusan ini akan menjadi lecutan motivasi bagi klub, suporter dan masyarakat Solo untuk bisa memenangkan laga kandang terakhir di bulan September. Semoga keputusan ini menjadi yang terbaik bagi semua pihak," pungkas pernyataan resmi Persis Solo.

Ramadhan Sananta diharapkan menjadi solusi atas kebuntuan lini depan Timnas Indonesia U-24. Dalam tiga laga fase grup, Indonesia hanya mencetak dua gol saat menang atas Kirgiztan 2-0.

Setelah itu, Timnas Indonesia U-24 gagal mencetak gol hingga kalah dari Chinese Taipei 0-1 dan Korea Utara 0-1. Untung saja Indonesia bisa lolos karena menjadi tim peringkat ketiga terbaik di fase grup dengan tiga poin dan surplus satu gol.