Liga 1

Bojan Hodak Beberkan Alasan Tambah Staf Pelatih Persib di Liga 1

Rabu, 27 September 2023 02:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Bojan Hodak, bersama pemainnya Nick Kuipers saat konferensi pers menjelang lawan Persikabo. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Bojan Hodak, bersama pemainnya Nick Kuipers saat konferensi pers menjelang lawan Persikabo. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, membeberkan alasan menambah staf pelatih dengan mendatangkan Goran Paulic, untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2023-2024.

Persib Bandung kembali mendatangkan staf pelatih asal Kroasia, Goran Paulic, menjelang pertandingan pekan ke-14 kompetisi Liga 1 2023-2024.

Sebelumnya, skuad Maung Bandung sudah lebih dulu merekrut Miro Petric untuk membantu tugas Bojan Hodak.

Goran Paulic, sudah mulai bergabung dengan tim dalam sesi latihan pagi yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (26/09/23).

Menurut Bojan Hodak, Goran Paulic sengaja didatangkan untuk membatu tugasnya di tim, selain itu seluruh administrasi pelatih berusia 58 tahun tersebut audah rampung. Sehingga, sudah bisa membantunya menjelang laga pekan ke-14.

"Ya dia sudah mendapatkan KITAS, semuanya sudah selesai dan resmi bergabung. Namanya adalah Goran Paulic," kata Bojan Hodak, Selasa (26/09/23).

Pelatih asal Kroasia ini menuturkan, sosok Goran Paulic sudah cukup berpengalaman di dunia kepelatihan. Pasalnya, sebelumnya sudah sempat mengisi posisi staf pelatih di beberapa klub.

Dalam catatan Transfermarkt, dia pertama kali berkarier sebagai pelatih pada 2006, menangani klub FC Sturm 19 St. Polten. Setelah itu, pada 2008 di mendapat kepercayaan untuk menangani Tim Nasional Hong Kong U-23 (2008-2009).

Setelah dari Hongkong, pelatih kelahiran 31 Maret 1965 ini menjadi asisten pelatih di klub Dinamo Zagreb (2010-2011). Kemudian, dia menjabat sebagai pelatih di Dongguan Nancheng (2012).

Tak lama menangani Dongguan Nancheng, Goran Paulic, dipercaya untuk melatih Hong Kong Rangers (2012). Setelah itu, dia mencoba peruntungannya di Malaysia.

Klub Malaysia yang ditanganinya yakni Johor Darul Ta'Zim II (2015). Setahun menangani klub tersebut, Goran Paulic melanjutkan kariernya dengan menjadi asisten pelatih di NK Hrvatski Dragovoljac (2016).

Goran Paulic, kembali mendapatkan kepercayaan untuk menjadi pelatih di Ras Al-Khaima pada 2007-2018. Kemudian dia menjadi asisten di Timnas Kuwait pada 2018 hingga 2021.

"Dia sudah pernah bekerja bersama saya di JDT II, sebelumnya dia adalah pelatih timnas Hongkong di beberapa pertandingan, terakhir dia menjadi pelatih di Kuwait pada Olimpiade," jelasnya.

Selain itu, sebelum berkarier di dunia kepelatihan, Goran Paulic mengawali kariernya sebagai pemain sepak bola, saat itu dia bermain sebagai striker. 

Menurut Bojan, beberapa klub sempat dibela oleh staf pelatih baru Persib ini, bahkan Goran Paulic saat menjadi pemain tercatat pernah menyabet gelar top skor.

"Sebagai pemain, dia adalah seorang striker dan menjadi top skorer di Singapura dan Hongkong," ucap Bojan Hodak.

Pengalaman yang dimiliki Goran Paulic saat masih menjadi pemain sepakbola dan staf pelatih, menjadi pertimbangan Bojan Hodak mendatangkannya. Karena, dengan begitu diharapkan bisa membantu meningkatkan kemampuan pemain Persib.

"Pengalamannya sebagai pemain menyerang akan membantu tim terutama dari kemampuan individual, terkadang kami harus bekerja ekstra untuk membuat perbedaan," jelas Bojan Hodak.

Sementara itu, bergabung Goran Paulic ke skuad Maung Bandung, membuat tim kebanggaan Bobotoh memiliki lima staf pelatih, pasalnya sebelumnya sudah ada Yaya Sunarya, Miro Petric, Luizinho Passos (pelatih kiper) dan I Made Wirawan (asisten pelatih kiper).

Pada pertandingan terdekat kompetisi Liga 1 2023-2024, menghadapi Persita Tangerang, Minggu (01/10/23), Goran Paulic kemungkinan sudah ikut mendampingi skuad Maung Bandung di bench pemain.

Pertandingan Persib menghadapi Persita Tangerang, di pekan ke-14 kompetisi Liga 1 2023-2024 rencananya akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.