In-depth

3 Fakta Persebaya Surabaya Setelah Ditahan Imbang 1-1 Dewa United di Pekan ke-14 Liga 1

Sabtu, 30 September 2023 23:20 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© MO Dewa United
Pemain Dewa United saat berebut bola dengan pemain Persebaya Surabaya Sho Yamamoto pada pekan ke-14 Liga 1 2023 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Sabtu (30/09/23). (Foto: MO Dewa United) Copyright: © MO Dewa United
Pemain Dewa United saat berebut bola dengan pemain Persebaya Surabaya Sho Yamamoto pada pekan ke-14 Liga 1 2023 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Sabtu (30/09/23). (Foto: MO Dewa United)

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya harus puas membawa pulang satu poin, setelah bermain imbang 1-1 melawan Dewa United di pekan ke-14 Liga 1 2023-2024.

Dengan hasil ini membuat Persebaya Surabaya bertengger di posisi ke-5 klasemen Liga 1 2023-2024 dengan koleksi 22 poin.

Selain urutan posisi Persebaya di klasemen sementara Liga 1, berikut ini adalah sejumlah fakta usai laga, Sabtu (30/9/23) sore.

Dominasi Permainan

Persebaya Surabaya berhasil mendominasi jalannya pertandingan melawan Dewa United sore tadi. Buktinya Bajul Ijo berhasil mencetak gol terlebih dahulu, melalui Ripal Wahyudi pada menit ke-17.

Dominasi pemainan ini juga diamini pelatih Persebaya Josep Gombau setelah pertandingan berakhir.

"Kita memulai pertandingan dengan sangat baik. Kita mendominasi di awal pertandingan, dan juga menghasilkan gol," katanya.

Namun sayangnya permainan apik ini tidak bertahan lama, setelah Arif Catur Pamungkas diganjar kartu merah.

"Semuanya berubah saat kami mendapaykan kartu merah. Kita mulai bermain dengan 10 pemain dan akhirnya mereka mencetak gol di detik terakhir babak pertama," jelas Josep Gombau.

Insiden Ady Setiawan

Pertandingan Persebaya Surabaya vs Dewa United terjadi sebuah insiden yang cukup membuat suporter cemas.

Ady Setiawan mengalami cedera, usai berduel udara dengan Arif Catur Pamungkas. Melalui tangkapan siaran ulang, terlihat sikut pemain belakang Bajul Ijo mengenai leher belakang Ady Setiawan.

Setelah duel, Ady Setiawan langsung jatuh dan memegang lehernya. Seketika tim medis dari kedua tim membantu melakukan pertolongan dan dibawa ke rumah sakit.

Nah karena dianggap melakukan pelanggaran yang membahayakan, wasit Asep Yandis langsung mengganjar kartu merah untuk Catur Pamungkas.

"Saya rasa pelanggaran tadi memanglah sebuah pelanggaran. Momen saat Catur melompat untuk mencoba meriah bola fifty-fifty," jelas Josep Gombau.

"Dia menyundul bola dan mengangkat sikunya. Saya rasa itu adalah salah satu cara untuk melindungi dirinya tapi akhirnya dia (Arif Catur) mendapatkan kartu merah," sambung pelatih asal Spanyol ini.

Arif Catur dan Perwakilan Persebaya Besuk Ady Setiawan

Setelah pertandingan berakhir, Arif Catur Pamungkas dan perwakilan manajemen Persebaya Surabaya langsung membesuk Ady Setiawan di rumah sakit.

Melansir akun Instagram resmi Persebaya, terlihat ada manajer Yahya Alkatiri, Kapten Reva Adi Utama, Dokter Ahmad Ridhoi langsung berkunjung ke rumah sakit.

Dalam kunjungannya, Arif Catur Pamungkas dan Persebaya meminta maaf atas kejadian di lapangan. Selain itu Persebaya juga memberikan dukungan dan doa agar Ady segera pulih dan kembali ke lapangan.