Liga Indonesia

Hasil Sidang Komdis PSSI: Klub Liga 1 dan Klub Liga 2 Didenda Puluhan Juta

Sabtu, 30 September 2023 21:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© MO Dewa United
Selebrasi pemain Dewa United Majed Osman bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Persebaya Surabaya pada pekan ke-14 Liga 1 2023 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Sabtu (30/09/23). (Foto: MO Dewa United) Copyright: © MO Dewa United
Selebrasi pemain Dewa United Majed Osman bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Persebaya Surabaya pada pekan ke-14 Liga 1 2023 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Sabtu (30/09/23). (Foto: MO Dewa United)

INDOSPORT.COM - Komite Disiplin PSSI telah melakukan rapat pada 27 dan 28 September 2023 yang menghasilkan sejumlah keputusan berupa denda dan sanksi untuk klub Liga 1, Liga 2 serta sejumlah pemain.

Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink mendapat teguran keras karena melakukan intervensi pada sesi official training tim Persita Tangerang dan mengucapkan kalimat tidak sopan. Kejadiannya pada 22 September jelang lawan Persita dipekan ke-13 Liga 1 2023.

Pemain Rans Nusantara FC, Marckho Sandi Merauje didenda Rp10 juta dan larangan bermain dua pertandingan (berlaku pada pertandingan terdekat). 

Pemicunya adalah bertindak kasar  terhadap pemain lawan serta mendapatkan kartu merah langsung saat menggadapi Persis Solo pada pekan ke-13 Liga 1 2022. 

Official Barito Putera, Muhammad Firman Didaputra mendapat teguran keras setelah memukul bench pemain saat lawan PSIS Semarang dipekan ke-13 Liga 1 2023, pada 22 September lalu. 

Panitia Pelaksana Pertandingan Persija Jakarta juga mendapat teguran keras dari Komdis PSIS. Kesalahannya adalah tidak sigap dalam membantu mengamankan perangkat pertandingan yang sedang menuju ruang ganti ketika menjamu Bali United pada pekan ke-13 Liga 1 2022.

Sementara itu, Persis Solo didenda Rp50 juta lantaran ada enam pemain yang mendapatkan kartu kuning (dalam 1 laga) ketika melawan Rans Nusantara FC pada pekan ke-13 Liga 1 2022 pada 22 September.

Klub Liga 1 lainnya, PSS Sleman diwajibkan membayar Rp20 juta dan dilarang menyelenggarakan satu pertandingan dengan penonton saat menjadi tuan rumah. Pemicunya adalah gagal memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap tim tamu, Madura United pada pekan ke-13. 

Klub Liga 2, Deltras FC didenda Rp15 juta, buntut dari beberapa orang yang memasuki area lapangan usai pertandingan lawan Gresik United FC pada 24 September lalu. 

Masih dari laga yang sama, Gresik United FC juga didenda Rp25 juta lantaran ada lima pemain yang menerima kartu kuning (dalam 1 laga). 

Berikutnya, PSDS didenda Rp25 juta karena ada lima pemain yang menerima kartu kuning (dalam 1 laga). Itu terjadi saat melawan Sriwijaya FC pada 25 September lalu. 

Denda yang sama yakni Rp25 juta juga diterima Sriwijaya FC karena ada lima pemain yang menerima kartu kuning (dalam 1 laga) dalam pertandingan tersebut.

Pemain Persekat Tegal, Gugun Syaiful Rahman didenda Rp5 juta dan tambahan larangan bermain sebanyak enpat pertandingan.

Itu merupakan buntut dari bertindak kasar terhadap pemain Persela Lamongan, Sikvio Escobar dan luput dari perhatian perangkat pertandingan. Kejadiannya pada 25 September lawan Persela.