Liga 1

Madura United Kalah Dramatis karena Blunder Wawan Hendrawan, Mafia Menggema Lagi?

Senin, 2 Oktober 2023 05:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© MO Madura United
Wawan Hendrawan lengkapi kiper Madura United. (Foto: MO Madura United) Copyright: © MO Madura United
Wawan Hendrawan lengkapi kiper Madura United. (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM - Madura United kalah dramatis di tangan Borneo FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024 di Gelora Ratu Pamelingan, Minggu (01/10/23) petang.

Meski berstatus sebagai tuan rumah dan kokoh di puncak klasemen sementara Liga 1, siapa sangka Madura United kalah di tangan Borneo FC dengan diwarnai blunder fatal.

Kiper Wawan Hendrawan beberapa kali keluar dari area pertahanan karena ingin membantu build up. Ada satu momen di mana ia nyaris kebobolan, tetapi bola berhasil ditepisnya.

Namun Dewi Fortuna enggan memberi keberuntungan dua kali. Wawan akhirnya memungut bola dari gawangnya saat Borneo FC melakukan counter attack cepat.

Terens Puhiri mencetak gol di menit ke-27, membuka keunggulan Borneo FC atas tuan rumah Madura United.

Tertinggal satu gol, Madura United mencoba membalas. Usaha mereka membuahkan hasil saat pertandingan memasuki menit 40, Salim Akbar Tuharea mencetak gol penyeimbang.

Memasuki babak kedua, Madura United dan Borneo saling berbalas serangan, tetapi sulit untuk menambah keunggulan.

Sampai akhirnya di penghujung babak kedua, Laskar Sape Kerrap nyaris membobol gawang Pesut Etam, tetapi bola masih jatuh ke pelukan Nadeo Argawinata. 

Borneo melakukan serangan balik cepat. Bek Madura berharap bisa mengirim bola pada Wawan, tetapi tangkapannya tidak sempurna, bola masih terus bergulir.

Sontak saja Stefano Lilipaly mengejar bola dan menuntaskan serangan menjadi gol. Borneo FC menang 2-1, dan kedua gol itu diwarnai oleh blunder Wawan Hendrawan.

Mafia Bergerak?

Wawan Hendrawan merupakan salah satu kiper senior Liga Indonesia. Maka, sulit untuk membayangkan sang kiper melakukan dua blunder fatal dan membuat timnya kalah.

Borneo FC meraih tiga poin di markas Madura United, sekaligus mengkudeta posisi puncak klasemen sementara Liga 1 dengan 28 poin, sedangkan Sape Kerrap tertinggal 27 poin.

Jalannya pertandingan yang tidak biasa, membuat banyak netizen mencium gelagat mafia sepak bola beraksi. Bahkan, banyak yang menuding Wawan mendapat komisi.

"Kok kayak aneh ya golnya. Seperti ada yang aneh dengan permainan Wawan tadi," ungkap pemilik akun Instagram @ridhoris** sembari menandai akun pemilik klub Madura United.

"Sumpah tuh kiper bukan hanya dua kali, tapi lebih blundernya, sudah dari awal main. Pasti abis ini nyalahin temennya, kenapa malah oper ke belakang," balas @lyhz**.

"Tolong diperiksa match ini, apakah ada udang di balik batu," timpal pemilik akun @sangbo** sembari menandai akun Erick Thohir hingga Najwa Shihab.

"Penjaga gawang Madura United Wawan Hendrawan seringkali blunder yang kurang masuk akal, wajib diinterogasi," komentar dari akun Instagram @rizki9**.

"Baru aja di Liga 2 ketangkap, eh sudah ada di Liga 1 pemain-pemainnya, mafia itu nyata," timpal pemilik akun Instagram @nouval**.

Meski begitu, banyak pula netizen yang turut membela Wawan Hendrawan, karena blunder kiper adalah hal yang bisa saja terjadi dalam satu pertandingan sepak bola.

Wawan Hendrawan sendiri tidak memberikan klarifikasi mengenai dua kesalahannya yang membuat Madura kalah di kandang, saat menjamu Borneo FC di Liga 1 2023/24.