Liga 1

Dipanggil Timnas Indonesia vs Brunei, Situasi Persis Solo Bakal Uji Ramadhan Sananta

Kamis, 5 Oktober 2023 06:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Persis Solo
Penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta, dibayangi bek RANS, Marckho Meraudje, dalam laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Maguwoharjo, Jumat (22/9/23). Copyright: © Persis Solo
Penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta, dibayangi bek RANS, Marckho Meraudje, dalam laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Maguwoharjo, Jumat (22/9/23).

INDOSPORT.COM - Situasi klub Liga 1 2023-2024, Persis Solo bakal menguji Ramadhan Sananta sebelum memenuhi panggilan Timnas Indonesia pada Senin (09/10/23).

Ramadhan Sananta ditantang membuktikan kualitas di Liga 1 2023-2024 tanpa Alexis Messidoro. Ia menjadi satu dari empat striker murni yang dipanggil Shin Tae-yong untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei Darussalam pada 12 dan 17 Oktober 2023.

Ramadhan Sananta dipanggil bersama Rafael Struick, Dendy Sulistyawan dan Dimas Drajad. Peluang Sananta ditampilkan melawan Brunei sangat besar.

Melawan negara dengan level jauh di bawah Indonesia, Shin Tae-yong kemungkinan besar bakal bermain dengan pola dua striker murni. Rafael menjadi kandidat kuat dan tinggal mencari satu pendamping.

Pendamping ini kemungkinan akan dilihat dalam tiga sesi latihan sebelum laga perdana melawan Brunei di Gelora Bung Karno, Kamis (12/10/23). Namun, bisa juga performa pada pekan ke-15 Liga 1 2023-2024 menjadi patokan.

Ramadhan Sananta sebagai kandidat terkuat wajib memanfaatkan dua kesempatan itu. Situasi yang ada di Persis Solo bakal menguji Sananta pada laga melawan Persikabo 1973, Jumat (6/10/23).

Dalam laga itu, Persis Solo kehilangan kreator sekaligus top assist Liga 1, Alexis Messidoro. Absennya gelandang eks Boca Juniors bakal menguji kemampuan Sananta sebagai seorang striker murni.

Selama ini, Sananta masih sebatas jago kandang di Liga 1. Lima gol yang dicetaknya hanya tercipta di Stadion Manahan. Sementara saat bermain di stadion lain, Sananta masih tumpul.

Maka, Sananta dituntut untuk bekerja lebih keras. Persis Solo menginginkan kemenangan kedua di kandang lawan agar mencapai posisi yang lebih baik, seperti ditegaskan Leonardo Medina selaku pelatih Persis Solo.

"Kami tidak nyaman di posisi sepuluh dan tidak nyaman juga di posisi di bawah itu," kata Leo Medina.

"Kami masih memiliki tiga pertandingan di putaran pertama dan di putaran kedua nanti. Kami akan lebih baik karena kami berjalan dan berproses dengan baik," lanjut Leo Medina.

Sananta berangkat ke Cikarang bersama 21 pemain lain, Rabu (4/10/23). Selain tanpa Messidoro, Persis Solo juga tak diperkuat Jaimerson Xavier dan Fernando Rodriguez.

Sananta hampir pasti bakal ditandemkan dengan David Gonzalez. Menariknya, pada laga di Stadion Wibawa Mukti Cikarang nanti, Sananta akan berhadapan dengan Dimas Drajad.

Leo Medina menegaskan ambisi untuk menyelesaikan putaran pertama dengan bagus. Setelah itu, Persis Solo bisa mati-matian pada putaran kedua untuk mengejar papan atas Liga 1 2023-2024.

"Saya pikir kami bisa berada di posisi lima besar. Kami bermain dan sedang berusaha untuk itu. Para pemain bekerja keras. Mereka mencoba untuk berkembang dan tampil dengan baik. Kami mencoba untuk bertarung," tutur Leo Medina.

Terbuka kemungkinan Shin Tae-yong atau stafnya bakal hadir langsung di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Jumat sore. Adu tajam Sananta dan Dimas Drajad bakal menentukan siapa yang jadi tandem Rafael Struick.

Ramadhan Sananta sedikit lebih unggul karena ikut berpesta saat Indonesia menggulung Brunei 7-0 di Piala AFF 2022 lalu. Sananta mencetak satu gol menit ke-68.

Namun, kualitas Dimas Drajad tak bisa dipandang sebelah mata. Kegagalan mencetak gol dalam delapan laga di Liga 1 2023-2024 bakal membangkitkan motivasi Dimas untuk mencetak gol dan membawa Persikabo mengakhiri tren buruk.