In-depth

3 Gelandang Timnas Indonesia yang Layak Gantikan Ivar Jenner saat Lawan Brunei

Kamis, 5 Oktober 2023 03:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi gelandang Timnas U-23, Ivar Jenner usai mencetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/09/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi gelandang Timnas U-23, Ivar Jenner usai mencetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/09/23).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan menjalani pra kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Brunei Darussalam pada 12 dan 17 Oktober mendatang. Laga pertama rencananya dimainkan di Palembang, Sumatera Selatan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah memanggil 25 pemain. Mereka diminta berkumpul pada 9 Oktober 2023 nanti.

Beberapa pemain yang berkiprah di luar negeri seperti Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy) turut dipanggil. 

Lalu ada nama Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim FC), Shayne Pattynama (Viking FK), Saddil Ramdani (Sabah FC), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Elkan Baggott (Ipswich Town).

Namun dari nama-nama ini tidak ada nama Ivar Jenner yang tidak dipanggil. Dia tidak disertakan karena mengalami cedera saat membela klubnya, Jong FC Utrech.

Tidak hadirnya Ivar Jenner membuat Shin Tae-yong harus memutar otak, mencari peran pengganti. Pasalnya, pemain naturalisasi itu tampil sangat apik saat Kualifikasi Piala Asia U-23. 

Lantas pemain mana yang bisa jalankan peran Ivar Jenner, berikut ulasan INDOSPORT

Marselino Ferdinan

Gelandang milik KMSK Deinze ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dia selalu jadi pilih pelatih Shin Tae-yong dari kelompok usia hingga senior. 

Pemain 19 tahun itu telah mainkan 14 pertandingan bersama timnas senior dan mencetak dua gol. Marselino punya visi bermain di atas rata-rata pemain seusianya. 

Dia juga punya kecepatan dan skill individu yang mumpuni. Akurasi finishing eks pemain Persebaya Surabaya ini sangat bagus. 

Akan tetapi, kondisi Marselino saat ini diragukan untuk tampil. Dia masih jalani pemulihan setelah alami cedera hamstring sejak pekan lalu ketika jalani latihan bersama KMSK Deinze.