Liga 1

Wahyu 'Hulk' Prasetyo Bicara Pesan Shin Tae-yong dan Duet Baru di Timnas Indonesia

Jumat, 6 Oktober 2023 22:03 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSIS
Bek PSIS Semarang, Wahyu ‘Hulk’ Prasetyo (tengah). Copyright: © Media PSIS
Bek PSIS Semarang, Wahyu ‘Hulk’ Prasetyo (tengah).

INDOSPORT.COM - Bek PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo, tak sabar gabung timnas Indonesia. Semangat dari Shin Tae-yong menjadi motivasi untuk tampil maksimal melawan Brunei Darussalam pada 12 dan 17 Oktober nanti.

Wahyu Prasetyo menjadi salah satu dari 25 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong. Hulk, sapaan akrabnya, dipanggil setelah tampil bagus saat melawan Turkmenistan di Surabaya, 8 September lalu.

Pemanggilan ini membuat Wahyu Prasetyo gembira. Perjuangannya setelah tiga musim berkarier di Liga 1 bersama PSIS Semarang membuahkan hasil.

"Alhamdulillah dipanggil lagi untuk memperkuat timnas. Tentunya sangat membuat saya bangga. Semoga bisa memberikan yang terbaik untuk timnas," kata Hulk saat ditemui di Stadion Maguwoharjo, Jumat (6/10/23).

Pemanggilan kedua ini akan memberi pengalaman berbeda bagi Hulk. Dia berpotensi main dengan partner baru setelah Jordi Amat batal bergabung karena cedera.

Ada kemungkinan Hulk dipasang dalam formasi tiga bek bersama Elkan Baggott dan Rizky Ridho. Namun, Fachrudin Aryanto sebagai pengganti Jordi Amat juga menjadi opsi teman anyar Hulk.

Wahyu Prasetyo tidak pilih-pilih rekan duet andaikan dimainkan melawan Brunei Darussalam. Seluruh pemain bertahan timnas Indonesia punya kualitas yang merata.

"Kualitas semua pemain sama, sangat bagus sekali. Saya di sana juga masih belajar bersama untuk ke depannya lebih baik lagi saat memperkuat timnas," tutur Hulk.

Hulk akan berkumpul dengan skuat Timnas Indonesia pada Senin (9/10/23). Hulk berangkat ke Jakarta dengan dua pesan penting dari Shin Tae-yong dan pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius.

"Kalau dari coach Shin, kemarin dikasih semangat untuk lebih bagus lagi ke depannya. Dari coach Gilbert bilang tetap percaya diri, semangat dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya," lanjut Hulk.

Hulk juga sudah membuat program sendiri agar tampil maksimal ketika dipercaya Shin Tae-yong. Program peningkatan fisik ini penting karena partai kualifikasi Piala Dunia 2026 punya level yang berbeda dari Liga 1.

"Saya tambah-tambah program (latihan) untuk melawan Brunei. Semoga bisa masuk starting eleven dan memberikan yang terbaik bagi timnas," ungkap Hulk.

Penambahan porsi latihan membuktikan bahwa dia tak meremehkan kekuatan Brunei Darussalam. Semua lawan timnas Indonesia harus dipandang dengan keseriusan yang sama.

"Kami tidak bisa meremehkan tim lain. Kami harus termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi di pertandingan nanti," papar Wahyu Prasetyo.

Partai pertama akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis (12/10/23). Wahyu Prasetyo punya kans besar dipasang pada partai pertama.

Sementara pada pertemuan kedua di kandang Brunei Darussalam, ada kemungkinan rotasi pemain dilakukan Shin Tae-yong. Ajang ini juga menjadi bagian dari persiapan menuju Piala Asia 2023.