Liga Indonesia

2 Tahun Mati Suri Gara-gara Kisruh Asprov, Liga 3 DKI Jakarta Kick-off Bulan Depan

Minggu, 8 Oktober 2023 15:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Liga 3. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Liga 3.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) DKI Jakarta akan menggelar Liga 3 pada awal November mendatang. Ada 20 tim amatir yang akan berpartisipasi. 

Selain Liga 3, Asprov DKI Jakarta juga akan memutar Piala Soeratin U-13, U-15 dan U-17 2023 pada Oktober-November 2023.

Kepastian menggelar kompetisi tahun ini, diputuskan dalam acara workshop di Hotel Kimaya Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (7/10/23). 

Asprov PSSI DKI Jakarta memaparkan program kompetisi, format kompetisi serta juga memberikan training kepada calon peserta kompetisi terkait penggunaan sistem SIAP (Sistem Informasi Administrasi Pertandingan) yang dihadiri langsung oleh IT dari PSSI pusat.

Plt Ketua Asprov DKI Jakarta, Eko Setyawan mengatakan, sepak bola di Ibu Kota harus segera bangkit setelah mati suri dua tahun terakhir akibat krisuh di kepengurusan.

‘’Sudah kewajiban saya sebagai PLT Ketua Asprov DKI Jakarta melaksanakan amanah perintah dari Ketua Umum PSSI bapak Erick Thohir. Salah satunya adalah menjalankan program yang sudah direncanakan,” kata Eko.

“Yaitu kompetisi di semua usia dan liga amatir. Asprov wajib menjalankan program tersebut. Selain itu saya juga harus menjalankan kongres pemilihan, namun hal itu bisa sambil berjalan ungkap,’’ imbuhnya. 

Eko yang juga anggota Exco PSSI menjelaskan, sudah ada tim yang akan mengawasi kompetisi di DKI Jakarta. Diharapkan kompetisi berjalan lancar dan melahirkan bibit-bibit muda potensial.

‘’Iya saya sudah menyiapkan tim netral untuk menjalankan kompetisi semua. Insya Allah semua akan berjalan lancar dan bisa memberikan jam terbang berkompetisi kepada anak-anak serta dapat melahirkan juara juara yang dapat mewakili ke tingkat nasional,” ujarnya.

Ada pun 20 tim yang berpartisipasi di Liga 3 DKI Jakarta dibagi dalam empat grup. Masing-masing diisi lima klub dan bermain di Stadion Klender dan Stadion Pors Serdang. 

Menyoal kapan dilaksanakan Kongres Asprov PSSI DKI Jakarta, Eko Setyawan belum bisa menjawab. Fokus mereka saat ini adalah menyelesaikan Liga 3 dan Piala Soeratin pada Desember, sebab harus ada wakil yang dikirim ke babak nasional.

‘’Jika kita lihat dari program PSSI, Piala Soeratin semua usia akan diputar pada Desember 2023. Artinya regional provinsi harus selesai akhir bulan November 2023,” jelasnya.

“Jika kita tidak segera putar, kasihan anak anak usia mereka pasti akan terlewatkan lagi untuk bermain di Piala Soeratin di masing masing usianya saat ini. Artinya kompetisi prioritas saat ini harus dijalankan,” lanjut Eko.

Menurut Eko, kongres pemilihan itu untuk mendapatkan ketua dan wakil ketua serta Exco Asprov dan tugas Ketua Asprov itu untuk menjalankan program program PSSI pusat. Salah satunya seperti pembinaan dan menjalankan kompetisi.

‘’Masa gara-gara kita fokus karena kongres pemilihan, kesempatan pembinaan dan kompetisi akan dilewatkan. Kan tidak begitu cara berfikir untuk sepak bola,’’ pungkasnya.

Berikut hasil drawing Liga 3 DKI Jakarta 2023:

Grup A
Taruma FC, PS Pemuda Jaya, Trisakti FC, Persija Muda, Urakan FC

Grup B
Bintang Krangan, PSJS, Taruna Persada FC, ASIOP FC, Pro Direct FC

Grup C
ABC Wirayudha, Jakarta City, Villa 2000 B, Bintang Kota, Persitara

Grup D
Jakarta United, Batavia FC, Persija Barat, UMS, Betawi FC