Liga Indonesia

Kondisi Mental Labil PSDS Deli Serdang Pasca-Dilibas PSMS Bisa Jadi Bencana

Minggu, 8 Oktober 2023 11:34 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih Sada Sumut FC, Suharto AD. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT) Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih Sada Sumut FC, Suharto AD. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Sada Sumut FC seperti tuan rumah rasa tamu saat menjamu PSDS Deli Serdang dalam lanjutan Grup 1 Liga 2 Indonesia 2023/24 di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Minggu (8/10/23) sore.

Kendati Stadion Baharoeddin Siregar merupakan markas PSDS, dalam laga bertajuk derby Sumatra Utara (Sumut) kali ini justru Sada Sumut yang bertindak sebagai tuan rumah.

Sebab, klub yang musim lalu masih bernama Karo United FC ini diketahui memilih Stadion Baharoeddin Siregar sebagai kandang di Liga 2 2023/24. Sedangkan musim lalu mereka memakai markas PSMS Medan, Stadion Teladan.

"Kami ucapkan selamat datang kepada tim tamu PSDS Deli Serdang, walaupun tamu tapi rasa tuan rumah dan sebaliknya tuan rumah rasa tamu," kata pelatih Sada Sumut FC, Suharto 'AD', dalam jumpa pers pralaga, Sabtu (7/10/23).

"Seperti itulah, tapi sebagai tim profesional kami harus menjunjung tinggi sportivitas. Kami sebagai tuan rumah wajib rasanya menghormati tamu," sambungnya.

Bertindak sebagai tuan rumah, di laga ini Laskar Simbisa (julukan Sada Sumut) menargetkan tiga poin demi mendongkrak posisi di klasemen sementara Grup 1 Liga 2 2023/24.

Sada Sumut kini bertengger di dua tingkat dari dasar klasemen alias peringkat ke-6 dengan baru mengoleksi satu poin dari tiga laga yang telah dilakoni.

Sementara Traktor Kuning, julukan PSDS, berada tepat di atas Sada Sumut FC dengan torehan empat poin dari empat pertandingan, hasil sekali menang, satu seri, dan dua kalah.

“Kami saat ini sangat membutuhkan kemenangan dan akan kami maksimalkan pertandingan ini. Kami sudah menekankan kepada semua pemain, di mana pun bermain, semua serasa seperti tuan rumah,” tegasnya.

Begitu pula kekalahan PSDS dari PSMS di Stadion Teladan pekan lalu secara psikologis tentu akan berpengaruh. Kondisi inilah yang akan dibangun dalam skuatnya demi bisa memetik kemenangan perdana.

“Mungkin pertandingan terakhir mereka (PSDS) kalah jauh atas PSMS Medan. Mungkin ini bisa jadi beban mental mereka," imbuh eks juru taktik PS TNI ini. 

"Walaupun kami kalah di Aceh (Persiraja), tak seperti mereka kalah jumlah golnya. Inilah yang mungkin kami manfaatkan. Semaksimal mungkin kami berupaya memenangi pertandingan nanti,” pungkasnya.