Liga 1

Bali United Dapat Surat PSSI-nya Kamboja, Status Naturalisasi Privat Mbarga Semakin Jelas

Senin, 9 Oktober 2023 19:31 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Bali United merayakan gol Privat Mbarga. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Bali United merayakan gol Privat Mbarga.

INDOSPORT.COM - Winger Bali United, Privat Mbarga, tinggal selangkah lagi diumumkan sebagai warga negara Kamboja. Privat berpotensi tampil di kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah PSSI-nya Kamboja mengirim surat resmi ke Bali United.

Privat Mbarga menjadi perbincangan panas di Kamboja. Winger asal Kamerun itu disebut-sebut masuk dalam proyek naturalisasi yang dijalankan PSSI-nya Kamboja atau Football Federation of Cambodia (FFC).

Privat Mbarga mengikuti jejak gelandang asal Jepang, Yudai Ogawa, yang sudah dinaturalisasi dan mengikuti sesi latihan resmi akhir pekan lalu.

Rumor ini sekarang sudah semakin terang benderang. Ternyata, Bali United selaku tim yang dibela Privat Mbarga sudah mendapat surat resmi dari FFC.

Privat Mbarga dipanggil FFC untuk bergabung dengan tim nasional Kamboja. Privat Mbarga langsung terbang ke Kamboja setelah membawa Bali United menang atas Bhayangkara FC 2-1 di Bekasi, Minggu (08/10/23).

"Surat resmi sudah diterima manajemen, Privat sudah pulang ke Kamboja," kata Media Officer Bali United, Alexander Maha Putra Oemanas, Senin (09/10/23) malam.

Privat Mbarga berpotensi membela Timnas Kamboja dalam FIFA Matchday pekan ini. Kamboja akan melakoni laga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Pakistan.

Kamboja menjadi tuan rumah pada leg pertama di Morodoc Techno National Stadium, Phnom Penh, Kamis (12/10/23). Lalu, leg kedua akan berlangsung di Jinnah Sport Stadium, Islamabad, Pakistan, Selasa (17/10/23).

Privat Mbarga tak perlu beradaptasi lagi jika memang langsung membela Timnas Kamboja. Mayoritas pemain di Timnas Kamboja sudah dikenalnya ketika berkompetisi di liga domestik.

"Privat sudah pulang ke negaranya untuk membela Timnas Kamboja. Dia menjadi pemain naturalisasi yang akan tampil di FIFA Match Day kali ini," tutur Alex, sapaan akrabnya.

Pemain Terkenal di Kamboja

Nama Privat Mbarga memang sudah besar di Liga Kamboja. Sebelum membela Bali United pada Liga 1 2021-2022 lalu, Privat Mbarga mencatatkan prestasi luar biasa di Liga Kamboja.

Pemain Kamerun ini menjadi salah satu pemain asing tersukses di Kamboja. Privat Mbarga menjadi top skor pada musim 2019 dan 2020.

Setelah itu, pada tahun 2021, Privat Mbarga memang kehilangan gelar top skor meski sudah mencetak 21 gol. Namun, Privat Mbarga dianugerahi gelar sebagai menjadi pemain terbaik Liga Kamboja 2021.

Sederet prestasi itulah yang membuat publik Kamboja sebenarnya ingin Privat Mbarga diberi kewarganegaraan Kamboja sejak lama. Namun, nama pertama yang diberi kewarganegaraan justru Yudai Ogawa.

Pemain asal Jepang yang masuk Kamboja pada 2018 ini diberi kewarganegaraan karena memiliki prestasi menjanjikan. Ia konsisten menjadi andalan Phnom Penh Crown FC.

Selama membela Bali United, Privat Mbarga sukses menunjukkan kualitasnya. Ia menjadi senjata di sayap kanan dan kiri, bahkan sesekali jadi striker tunggal di tengah.

Dalam tiga musim di Liga 1 2023-2024, Privat Mbarga telah mencetak 22 gol dan 17 assist dari 68 penampilan. Ia juga mempersembahkan gelar Liga 1 2021-2022 untuk Serdadu Tridatu.