Liga 1

Penjelasan PSM Soal Yance Sayuri yang Dicoret Timnas karena Cedera, tapi Main Lawan Madura United

Senin, 9 Oktober 2023 11:43 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Winger PSM, Yance Sayuri, berusaha melewati kawalan bek PSS, Ibrahim Sanjaya, dalam laga pekan ke-11 Liga 1 2023-2024 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (3/9/23). Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Winger PSM, Yance Sayuri, berusaha melewati kawalan bek PSS, Ibrahim Sanjaya, dalam laga pekan ke-11 Liga 1 2023-2024 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (3/9/23). Foto: Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Manajemen PSM Makassar angkat bicara mengenai situasi Yance Sayuri yang tampil sebagai starter saat lawan Madura United pada pekan ke-15 Liga 1 2023/2024, Minggu (08/10/23) di Stadion Gelora B.J Habibie, Pare-pare.

Pemain 25 tahun itu bermain hingga menit ke-79, sebelum digantikan oleh Muhammad Mufli Hidayat.

Masuknya Yance di-starting XI PSM membuat publik bertanya-tanya, sebab ia sebelumnya dilaporkan alami cedera, bahkan dicoret dari Timnas Indonesia untuk Pra Kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Brunei Darussalam.

Rupanya, pemain 25 tahun itu pulih lebih cepat dan dalam kondisi siap bermain. Karena itu, pelatih PSM, Bernardo Tavares menurunkannya saat jumpa Madura United.

Pihak PSM juga sudah bersurat ke tim pelatih Timnas Indonesia, menjelaskan situasi Yance Sayuri.

"Tadi itu kan Yance Sayuri dimainkan, padahal sebelumnya kita sempat bersurat tidak melepas dia ke timnas karena cedera," buka media officer PSM, Sulaiman Karim.

"Nah, situasinya begini, ternyata pemulihan cederanya berjalan lebih cepat. Dan jelang lawan Madura United,  dia dalam kondisi siap dimainkan," imbuhnya.

"Kami juga sudah bersurat ke timnas,  menjelaskan situasinya Yance," tambahnya.

Yance Sayuri dilaporkan mengalami cedera saat membela PSM Makassar saat pertandingan melawan Borneo FC dipekan ke-13 Liga 1 2023/2024 pada 25 September 2023 lalu. 

Sebagai gantinya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil tiga pemain baru yakni Fachruddin Aryanto, Dzaky Asraf dan Hokky Caraka. 

Setelah pulih dari cidera, tidak diketahui apakah Yance Sayuri bakal dipanggil lagi ke Timnas Indonesia untuk melawan Brunei.

Manajemen PSM tidak ingin berspekulasi. Mereka menunggu jawaban dari pihak Timnas, sebab dalam surat yang dikirim, PSM meminta tim medis Timnas Indonesia agar berkomunikasi dengan tim dokter PSM supaya informasinya tidak simpang siur.

Saat ini, ada 26 pemain sudah dipanggil Shin Tae-yong untuk laga Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam yang berlangsung dua kali yakni 12 dan 17 Oktober 2023.

Tidak hanya Yance Sayuri yang dicoret karena cedera, Jordi Amat dan Ivar Jenner juga demikian.

Pertandingan leg pertama Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (12/10/23).

Selanjutnya laga leg kedua akan digelar di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10/2023).