Timnas Indonesia

Bukan 3 Tahun, Erick Thohir Pastikan Kontrak Shin Tae-yong Hingga Juni 2024

Selasa, 10 Oktober 2023 18:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong dan Manajer Tim, Endri Irawan saat menyapa suporter usai laga melawan Taiwan pada Kualifikasi Piala Asia U-23 di stadion Manahan Solo, Sabtu (09/9/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong dan Manajer Tim, Endri Irawan saat menyapa suporter usai laga melawan Taiwan pada Kualifikasi Piala Asia U-23 di stadion Manahan Solo, Sabtu (09/9/23).

INDOSPORT.COM - Kabar perpanjangan kontrak Shin Tae-yong, sempat beredar luas. Pelatih timnas Indonesia ini disebut meneken kontrak baru berdurasi tiga tahun ke depan atau hingga 2027.

Namun, kabar ini langsung dibantah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Dikatakan bahwa perpanjangan kontrak Shin Tae-yong bukan tiga tahun, melainkan hanya enam bulan sampai Juni 2024.

“Pembicaraan saya dengan Shin Tae-yong sampai Juni 2024,” ucap Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (10/10/23).

"Penilaiannya nanti apakah bisa lebih panjang tentu sesuai dengan prestasi di Piala Asia, baik senior maupun U-23," cetusnya.

Meski hanya memberikan perpanjangan kontrak enam bulan, Erick Thohir tetap mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Shin Tae-yong untuk sepak bola Indonesia.

Sebab, Shin Tae-yong diakui sudah berbuat maksimal untuk sepak bola Indonesia. Salah satu pencapaiannya antara lain membawa lolos timnas U-23 ke Piala Asia untuk pertama kalinya.

“Saya rasa coach Shin Tae-yong sudah berbuat maksimal ketika membawa timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia pertama kalinya sepanjang sejarah dan timnas senior setelah 17 tahun kembali mentas di Piala Asia. Suatu prestasi yang luar biasa,” puji Erick Thohir.

“Saya mengapresiasi perpanjangan kontrak, tapi kalau lebih panjang lagi tentu saya berharap ada target-target yang diepakati. Saya berdiskusi dengan Shin Tae-yong. Hal yang baik untuk sepak bola Indonesia,” tukasnya.

Di sisi lain, Shin Tae-yong memang sudah menegaskan bahwa dirinya tetap bersama timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan ini mengatakan untuk proses perpanjangan kontrak resminya nanti akan dilaksanakan oleh PSSI.

Shin Tae-yong menjelaskan, perpanjangan kontrak dengan Skuat Garuda masih dalam pembahasan lebih lanjut dengan PSSI, tepatnya Erick Thohir selaku pemegang otoritas tertinggi.

"Kalau tidak salah itu akan diumumkan secara resmi. Jadi sedang dalam pembicaraan juga dengan pak Erick. Jadi ditunggu saja," imbuh Shin Tae Yong.