Liga 1

Resmi 'Bajak' Wiljan Pluim dari PSM Makassar, Begini Sesumbar Bos Borneo FC

Selasa, 10 Oktober 2023 13:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Borneo FC
Wiljan Pluim resmi jadi rekrutan anyar Borneo FC. (Foto: Borneo FC) Copyright: © Borneo FC
Wiljan Pluim resmi jadi rekrutan anyar Borneo FC. (Foto: Borneo FC)

INDOSPORT.COM - Borneo FC secara resmi memperkenalkan rekrutan baru, meski jendela transfer putaran kedua Liga 1 Indonesia 2023/24 belum dibuka. Pemain yang diamankan adalah Wiljan Pluim. 

Gelandang asal Belanda itu diperkenalkan ke publik pada Selasa (10/10/23) lewat media sosial klub. Borneo FC memang sudah memberikan kode sejak pagi tadi. 

"Welkom. Keluarga baru Borneo FC Samarinda, Wiljan Pluim," tulis pihak klub di postingan Instagram.

Rumor Pluim akan merapat ke Borneo FC mulai mencuat beberapa hari terakhir. Kalangan suporter tim Kalimantan Timur itu tak sabar menunggu pemain berusia 34 tahun itu diperkenalkan.

Bos Borneo FC, Nabil Husein, pun tak mampu menutupi rasa gembiranya. Pluim memang salah satu pemain asing terbaik di era Liga 1 dengan raihan dua trofi juara yakni Piala Indonesia 2019 dan Liga 1 2022/23. 

"Tipis-tipis saja toh," kata Nabil ke INDOSPORT melalui pesan singkat. 

Pengusaha muda itu menyatakan, Pluim memang sudah berjodoh dengan Borneo FC. Memang, pemain jangkung itu sempat menyatakan hanya ingin membela PSM Makassar selama di Liga Indonesia, tapi kenyataan di lapangan berkata lain. 

"Takdir yang membawanya ke sini, berkumpul di Samarinda," ucap Nabil Husein yang tak lain adalah Presiden Borneo FC. 

Diketahui, Wiljan Pluim baru sja berpisah dengan klub Liga 1 lain, PSM Makassar. Dia dilepas manajemen dengan alasan sudah tidak dalam kondisi terbaik. 

Di sisi lain, ada rumor yang beredar bahwa Pluim yang memilih untuk meninggalkan PSM Makassar. Semua itu tidak lepas dari masalah keterlambatan gaji yang menghantui klub lamanya.  

Wiljan Pluim bahkan sudah tidak membela PSM dalam tujuh pertandingan terakhir, baik di Liga 1 maupun Piala AFC 2023. 

Terakhir kali pemain berusia 34 tahun itu membela Juku Eja adalah pada pekan ke-10 saat PSM menang atas Persis Solo 2-0 pada Senin (28/8/23).

Wiljan Pluim bisa dikatakan sebagai legenda PSM. Ia adalah pemain asing terlama yang membela Juku Eja sejak 2016 lalu dan mencatatkan 178 penampilan dengan catatan 47 gol dan 51 assist.