Timnas Indonesia

Alasan Shin Tae-yong Pilih Hokky Caraka Ketimbang Sananta Jadi Starter di Indonesia vs Brunei

Kamis, 12 Oktober 2023 22:42 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dalam laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dalam laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memilih memainkan striker muda Hokky Caraka sebagai starter ketimbang memainkan Ramadhan Sananta menghadapi Brunei Darussalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Kamis (12/10/23).

Hokky Caraka memang menjalani debut bersama Timnas Indonesia senior. Dirinya menjadi pilihan utama Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia menghdapi Brunei Darussalam.

Hokky pun bermain selama 58 menit sebelum akhirnya digantikan oleh Ramadhan Sananta. Memang dalam debutnya Hokky tidak berhasil mencetak gol.

Justru Ramadhan Sananta berhasil mencetak dua gol pada menit 63 lewat titik penalti dan menit 67 memanfaatkan bola rebonding hasil sepakan Ricky Kambuaya.

Tentu menjadi pertanyaan besa mengapa Shin Tae-yong lebih mempercayakan Hokky Caraka ketimbang Ramadhan Sananta. Padahal dirinya mencari banyak gol dalam laga ini.

Disinggung hal ini, Shin Tae-yong menjabarkan alasan dan memberikan selamat kepada Hokky atas debutnya bersama Timnas Indonesia.

“Selamat kepada Hokky yang menjalani debut bersama Timnas senior. Memang Hokky masih harus banyak kerja keras di Timnas Indonesia,” ucap Shin Tae-yong selepas laga.

“Untuk Sananta memang tidak bisa bermain selama 90 menit dan saya sedang mencoba mengubah akan hal itu,” jelas pelatih asal Korea Selatan ini.

Shin Tae-yong memang berharap Ramadhan Sananta bisa meningkatkan kebugaran fisiknya. Sehingga dirinya bisa menjadi pilihan utama Timnas Indonesia.

“Sananta harus bekerja keras dan berusaha agar fisiknya bisa bermain selama 90 menit jadi saya memikirkan banyak hal salah satunya rotasi permain,” beber pelatih berumur 54 tahun.

Atas hal inilah membuat Shin Tae-yong ingin para striker Timnas Indonesia terus bekerja keras. Meski pun memang dalam laga ini para striker bisa mencetak lima dari enam gol yang dicetak di laga ini.

“Seperti yang terlihat penyerang mampu mencetak lima gol di laga ini ya. Saya bisa melihat para penyerang bisa melakukan finishing dengan baik di laga ini, dan ini yang ingin saya tunjukkan,” tukas dia.