Liga 1

Bojan Hodak Bicara Persiapan Persib Hadapi Persebaya Tanpa Daisuke Sato

Sabtu, 7 Oktober 2023 06:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Bojan Hodak (tengah) bersama pemainnya Nick Kuipers (kanan), saat konferensi pers jelang lawan Persita. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Bojan Hodak (tengah) bersama pemainnya Nick Kuipers (kanan), saat konferensi pers jelang lawan Persita. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persib Bandung menargetkan poin penuh, saat duel klasik menghadapi Persebaya Surabaya, pada pekan ke-15 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bung Karno (GBT), Surabaya, Sabtu (07/10/23).

Pasalnya, tim kebanggaan Bobotoh ingin melanjutkan tren positif sekaligus menjaga persaingan di papan atas. Saat ini, Persib berada di peringkat tiga dengan mengumpulkan 24 poin.

Menurut pelatih Persib, Bojan Hodak, tidak mudah bagi anak asuhnya untuk mengamankan poin penuh pada duel klasik pekan ke-15 kompetisi Liga 1 2023-2024, pasalnya Persebaya bermain sebagai tuan rumah.

Selain itu, mereka juga pasti ingin mengamankan poin penuh di kandangnya, apalagi menjelang berakhir putaran pertama seluruh peserta bersaing untuk memperbaiki posisinya di klasemen.

Meski sulit mengamanatkan poin di kandang Persebaya, namun Bojan Hodak menilai performa anak asuhnya sedang meningkat, hal itu bisa dilihat dari tujuh pertandingan terakhir di kompetisi Liga 1 2023-2024.

Dari tujuh pertandingan Liga 1 2023-2024, tim kebanggaan Bobotoh meraih dua kali imbang dan lima kemenangan. Bahkan, pada pekan ke-14 skuad Maung Bandung berhasil menaklukkan Persita Tangerang dengan skor telak 5-0.

Bojan Hodak berharap, pada pertandingan tandang kali ini David da Silva dan kawan-kawan kembali menunjukkan kualitas dan motivasi bertanding seperti laga sebelumnya, agar target mengamankan poin penuh bisa tercapai.

"Iya akan menjadi laga yang sulit tapi kami sedang dalam laju yang bagus. Saya harap pemain mempunyai spirit yang bagus dan menurut saya ini akan jadi tantangan yang menarik," kata Bojan Hodak.

Selain itu, Bojan Hodak menilai pertandingan menghadapi Persebaya menjadi tantangan bagi pasukannya, pasalnya lawan yang dihadapi kali ini merupakan penghuni papan atas.

"Saya hanya ingin melihat bagaimana reaksi dari tim karena akan menghadapi dua tim di posisi lima besar. Kita akan lihat bagaimana level permainan kami," ungkapnya menambahkan.

Pada pertandingan menghadapi Persebaya, Persib tidak akan diperkuat oleh salah satu pemain andalan Daisuke Sato, pemain asal Filipina tersebut harus absen lantaran akumulasi kartu kuning.

Menurut Bojan Hodak, absennya Daisuke Sato membuat pemain lain yang berposisi sebagai bek kiri berpeluang untuk tampil di antara Edo Febriansyah dan Rezaldi Hehanusa.

Lebih lanjut Bojan Hodak menuturkan, Edo Febriansyah dan Rezaldi Hehanusa mampu menampilkan permainan terbaiknya saat mendapat kesempatan bermain menghadapi Persita Tangerang, Minggu (01/10/23).

Namun, dia belum bisa memberikan informasi mengenai pemain yang akan diturunkan pada pertandingan menghadapi Persebaya Surabaya di pekan ke-15 kompetisi Liga 1 2023-2024.

"Kita tidak pernah tahu siapa yang nantinya akan bermain. Tapi Rezaldi ketika diturunkan (lawan Persita) bisa bermain dengan bagus. Edo juga bermain dengan sangat bagus," jelasnya.

Jelang kontra Persebaya, Persib mendapatkan tambahan tenaga baru setelah Robi Darwis dan Rachmat Irianto ikut bergabung usai tampil bersama Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022.

"Jadi bagus, karena kembalinya Robi memberi kami opsi lebih banyak," jelasnya.

Selain itu, striker Persib, David da Silva yang juga mantan pemain Persebaya, saat ini penampilan sendang meningkat, bahkan pada pekan ke-14 kompetisi Liga 1 2023-2024 dia berhasil mencetak hattrick.

Hattrick yang dicetak ke gawang Persita tersebut, membuat striker asal Brasil menjadi pencetak gol terbanyak kedua di Liga 1 2023-2024 dengan mengumpulkan 8 gol.

Sedangkan pencetak gol terbanyak pertama di kompetisi Liga 1 2022-2024 hingga pekan ke-14 ditempati oleh striker Arema FC, Gustavo Almeida dengan mengumpulkan 11 gol.

Melihat penampilan David da Silva dalam beberapa laga terakhir di Liga 1 2023-2023, maka pemain yang menggunakan nomor punggung 19 tersebut bakal kembali menjadi andalan untuk pertandingan menghadapi Persebaya.