Bola Internasional

Daftar Negara yang Sudah Memastikan Diri Lolos ke Euro 2024: Prancis, Belgia dan Portugal Duluan

Sabtu, 14 Oktober 2023 05:00 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Euro 2024. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Euro 2024.

INDOSPORT.COM - Sejumlah negara telah memastikan diri akan berlaga di pesta sepak bola paling akbar di benuar Biru, Euro 2024.

Sejumlah pertandingan lanjutan Kualifikasi Euro 2024 matchday ke-7 baru saja rampung digelar pada Sabtu (14/10/23) dinihari WIB. Total ada enam pertandingan yang digelar.

Di antaranya adalah Iralndia vs Yunani, Belanda vs Prancis, Islandia vs Luksemburg, Austria vs Belgia, Liechtenstein vs Bosnia & Herzegovina, dan Portugal vs Slovakia.

Hasilnya sejumlah tim besar mampu meraih kemenangan, salah satu yang seru adalah duel big match antara Belanda vs Prancis. Tuan rumah berusaha untuk menang guna menjaga kans lolos ke Euro 2024 di Jerman.

Sayangnya hal itu tidak terjadi, karena mereka kalah 1-2 dari Prancis. Kylian Mbappe mencetak dua gol untuk Les Bleus, sementara gol balasan Belanda dicetak oleh Quilindschy Hartman.

Hasil itu membawa Prancis lolos ke Euro 2024 di Jerman, dan Belanda terancam tidak bisa tampil di Euro 2024. Les Bleus kini memuncaki klasemen grup B dengan 18 poin, sedangkan Oranje turun ke posisi 3 dengan 9 poin.

Kemenangan susah payah juga dialami oleh Portugal. Menjamu Slovakia di Stadion Estadio do Dragao, tuan rumah menang tipis 3-2.

Cristiano Ronaldo jadi bintang lapangan karena mencetak dua gol, satunya lagi dibuat oleh Goncalo Ramos. Sementara gol balasan Slovakia dicetak oleh David Hancko dan Stanislav Lobotka.

Khusus untuk Cristiano Ronaldo, ia berhasil mencatatkan rekor pribadi dengan menembus 125 gol untuk tim nasionalnya. Catatan tersebut menjadi rekor terbaik bagi seorang pemain di level internasional.