In-depth

Persib Bandung Pilih Tyronne del Pino atau Levy Madinda?

Sabtu, 14 Oktober 2023 20:43 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib, Levy Madinda dibayang-bayangi Febriansyah saat game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (14/10/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib, Levy Madinda dibayang-bayangi Febriansyah saat game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (14/10/23).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung bakal menentukan pilihan antara Tyronne del Pino atau Levy Madinda, untuk mengisi posisi gelandang asing di putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Pada awal musim kompetisi Liga 1 2023-2024, Persib yang saat itu dilatih oleh pelatih Luis Milla, merekrut Tyronne del Pino, untuk mengisi posisi gelandang asing. 

Pengumuman perekrutan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini, disampaikan Persib melalui akun media sosial di antaranya melalui akun Instagram @persib, Minggu (28/05/23).

Pemain kelahiran Las Palmas, 27 January 1991 ini dikontrak oleh manajemen Persib dengan durasi satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Namun, Tyronne del Pino mengalami cedera saat pertandingan perdana kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (02/07/23).

Tyronne del Pino, dalam debutnya bersama skuad Maung Bandung tampil sebagai pemain pengganti menggantikan Beckham Putra Nugraha di babak kedua.

Saat pertandingan memasuki menit 71, pemain anyar Persib Bandung ini terpaksa harus ditarik keluar dan digantikan oleh Ezra Walian, karena mengalami cedera tendon achilles kaki kanan.

Cedera yang dialaminya, membuatnya harus menjalankan program pemulihan cukup lama dan memutuskan untuk pulang dulu ke negaranya. Sebagai gantinya, Persib mendatangkan Levy Madinda.

Gelandang kelahiran Libreville, 22 Juni 1992 ini didatangkan Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) dengan status pemain pinjaman hingga bulan Desember 2023.

Selama memperkuat Persib, Levy Madinda menjadi salah satu pemain andalan Persib, dia menjalani debutnya pada pekan keenam kompetisi Liga 1 2023-2024, menghadapi Bali United.

Hingga memasuki pekan ke-15 kompetisi Liga 1 2023-2024, Madinda bermain sebanyak 10 pertandingan dan menyumbangkan satu gol.

Namun, belum ada informasi resmi mengenai masa depan Levy Madinda di tim kebanggaan Bobotoh, padahal durasi peminjamannya akan berakhir pada Desember mendatang.

Sedangkan Tyronne del Pino, dikabarkan akan segera kembali ke Bandung menjelang berakhirnya putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024. 

Hal itu, disampaikan langsung oleh pelatih Persib, Bojan Hodak, menurutnya pemain asal Spanyol itu akan segera kembali ke Bandung dalam waktu dekat.

Meski demikian, pelatih yang sempat menangani PSM Makassar ini menilai, cedera yang dialami oleh Tyronne del Pino membuatnya kemungkinan besar belum bisa tampil dalam pertandingan.

"Dia mengalami cedera yang sangat buruk, jadi saya rasa dia belum siap untuk saat ini. Menurut saya, dirinya belum siap untuk bermain," ucapnya beberapa hari lalu.

Selain itu, Bojan Hodak akan melihat kembali kondisi Tyronne del Pino, sehingga dia belum bisa mengambil keputusan terkait masa depan dari pemain berusia 32 tahun tersebut.

"Dia akan kembali pekan ini dan melakukan evaluasi terhadapnya, tapi berdasarkan pengalaman saya terhadap cedera yang dialaminya, dia belum siap untuk saat ini," jelasnya.

Menarik untuk dinantikan masa depan Tyronne del Pino dan Levy Madinda di tim Persib, pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Apakah Bojan Hodak, akan merekomendasikan Levy Madinda untuk tetap dipertahankan di tim Persib atau Tyronne del Pino yang akan digunakan untuk mengarungi putaran kedua.