Liga 1

Bojan Hodak Spill Masa Depan Tyronne del Pino di Persib Bandung

Selasa, 17 Oktober 2023 13:43 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Tyronne del Pino sudah berlatih lagi di tim Persib, pada sesi latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (17/10/23). (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Tyronne del Pino sudah berlatih lagi di tim Persib, pada sesi latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (17/10/23). (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung di Liga 1, Bojan Hodak, bicara mengenai masa depan Tyronne del Pino yang saat ini sudah mulai berlatih kembali dengan skuad Maung Bandung.

Pemain asal Spanyol itu, sudah mulai berlatih bersama tim di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (17/10/23), tetapi dia masih menjalankan program latihan terpisah ditemani oleh fisioterapis tim Persib.

Bojan Hodak menuturkan, saat ini dia belum bisa memutuskan nasib pemain asal Spanyol tersebut, pasal dia baru saja kembali usai menjalankan program pemulihan.

Sebagai informasi, pemain kelahiran Las Palmas, 27 January 1991 ini dikontrak oleh manajemen Persib dengan durasi satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Namun, Tyronne del Pino mengalami cedera saat pertandingan perdana kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (02/07/23).

Saat pertandingan memasuki menit 71, pemain anyar Persib Bandung ini terpaksa harus ditarik keluar dan digantikan oleh Ezra Walian, karena mengalami cedera tendon achilles kaki kanan.

Cedera yang dialaminya, membuatnya harus menjalankan program pemulihan cukup lama dan memutuskan untuk pulang dulu ke negaranya. 

"Kami akan melihatnya dulu dan tergantung dirinya. Jika dia tidak bisa, maka tidak bisa. Jika dia bisa bermain, maka dia akan bermain," kata Bojan Hodak di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (17/10/23).

Bojan Hodak menuturkan, masih ada waktu baginya untuk melihat kondisi dan kebugaran Tyronne del Pino, pasalnya saat ini masih ada dua pertandingan sisa putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024.

"Kami masih memiliki waktu hingga akhir November untuk memutuskan," tegas mantan pelatih PSM Makassar ini.

Lebih lanjut Bojan Hodak menuturkan, setelah menjalankan program pemulihan cukup lama di negaranya, Tyronne del Pino akan dipantau oleh fisioterapis tim dalam beberapa hari kedepan.

"Dia baru tiba dari Eropa. Sebelumnya dia menjalani pemulihan di sana dan dia baru bisa mulai berlatih dalam satu pekan ke depan," ujarnya.

"Ketika dia sudah gabung latihan makan kami akan melihatnya. Hari ini, dia berlatih bersama physio dan dalam beberapa hari ke depan, physio akan melakukan tes. Setelah itu, dia baru bisa mulai berlatih," jelasnya.

Sementara itu, saat ini posisi gelandang asing di skuad Maung Bandung dihuni oleh Levy Madinda pemain asal Gabon.

Gelandang kelahiran Libreville, 22 Juni 1992 ini didatangkan Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) dengan status pemain pinjaman hingga bulan Desember 2023, untuk menggantikan posisi Tyronne del Pino.

Selama memperkuat Persib, Levy Madinda menjadi salah satu pemain andalan Persib, dia menjalani debutnya pada pekan keenam kompetisi Liga 1 2023-2024, menghadapi Bali United.

Hingga memasuki pekan ke-15 kompetisi Liga 1 2023-2024, Madinda bermain sebanyak 10 pertandingan dan menyumbangkan satu gol.

Saat ini, dia sedang disiapkan untuk menghadapi pertandingan pekan ke-16 kompetisi Liga 1 2023-2024 melawan tuan rumah Borneo FC, laga tersebut bakal berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (21/10/23).