Timnas Indonesia

Erick Thohir: Timnas Indonesia Tak Gentar Lawan Irak, Vietnam dan Filipina!

Rabu, 18 Oktober 2023 16:59 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama memberikan umpan kepada Ricky Kambuaya dalam laga Pra Piala Dunia Selasa (17/10/2023) malam WIB. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama memberikan umpan kepada Ricky Kambuaya dalam laga Pra Piala Dunia Selasa (17/10/2023) malam WIB. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyambut optimis keberhasilan Timnas Indonesia ke fase penyisihan grup Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Piala Dunia 2026. Bagi Erick, skuad asuhan Shin Tae-yong bakal memberikan persaingan sengit terhadap Irak, Vietnam dan FIlipina.

Timnas Indonesia memang memastikan diri melenggang ke fase penyisihan grup Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Kepastian ini setelah skuat Garuda kembali meraih kemenangan di leg kedua menghadapi Brunei Darussalam.

Timnas Indonesia memastikan merebut tiket ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2016 usai mengalahkan Brunei Darussalam pada leg kedua dengan skor 6-0, Selasa (17/10/23). 

Hasil ini membuat Timnas Indonesia lolos ke Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. 

Melihat peta persaingan di Grup F, Timnas Indonesia memang tidak bisa menanggap remeh. Sebab memang lawan-lawan yang bakal dihadapi memiliki kekutan yang tak bisa disepelekan.

Vietnam yang sudah menjelma sebagai musuh bebuyutan bagi skuat Merah Putih. Kemudian ada juga Irak yang memang menjadi salah satu negara kuat di Asia, dan ada Filipina yang tak boleh dianggap remeh.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut positif hasil timnas yang memastikan melenggang ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Erick menilai seluruh lawan di Grup F adalah tim tangguh. Namun Erick menegaskan timnas akan bermain habis-habisan dan siap tempur demi tiket ke putaran final kualifikasi.

"Kami respek dengan lawan yang sudah menanti di Grup F. Namun timnas Indonesia dalam kondisi siap tempur melawan Irak, Vietnam, dan Filipina demi tiket ke putaran final kualifikasi," ujar Erick lewat keterangan resminya.

Erick menegaskan setiap lawan di Grup F adalah lawan yang tangguh. Namun Erick optimistis timnas Indonesia memiliki kualitas dan kapasitas untuk bersaing merebut tiket ke babak final kualifikasi. 

"Indonesia respek dengan setiap lawan yang akan dihadapi. Tapi kami juga yakin dengan kualitas timnas Indonesia siap bertempur dengan lawan manapun," kata Erick menegaskan.