Liga Indonesia

Stadion Gelora Delta Sidoarjo Bakal Jadi Venue Tersibuk, Siapa Saja Penggunanya?

Kamis, 19 Oktober 2023 09:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Media Persebaya Surabaya
Pemain Persebaya mengikuti latihan perdana setelah libur tiga hari di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jumat (20/3/20). Copyright: © Media Persebaya Surabaya
Pemain Persebaya mengikuti latihan perdana setelah libur tiga hari di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jumat (20/3/20).

INDOSPORT.COM - Stadion Gelora Delta Sidoarjo memang hanya venue yang menjadi home base Deltras FC, klub yang tengah berkompetisi di Grup 3 Liga 2 2023/24.

Namun, stadion dengan kapasitas 15.000-an penonton ini punya daya tarik tersendiri. Fasilitas cukup lengkap membuatnya jadi primadona.

Belum lagi kualitas rumput dan lampu penerangan, menjadi nilai plus dari venue yang menjadi sanksi Evan Dimas dkk mengangkat trofi Piala AFF U-19 2013.

Seiring sterilisasi yang diterapkan pada venue tim-tim kontestan Liga 1, Stadion GDS kini mulai diperbincangkan sebagai salah satu opsi home base sementara.

Lantas, siapa saja tim yang digadang-gadang akan menggunakan stadion yang terhubung langsung dengan akses tol Surabaya Malang tersebut?

1. Deltras FC

Tim berjulukan The Lobster ini memang bermarkas di GDS. Sejak era ISL (2008-2015) hingga Liga 2 kini, Deltras FC konsisten bermain di GDS.

Pada Liga 2 2023/24, pasukan Widodo Cahyono Putro sudah memanggungkan 2 laga home Grup 3 di kompetisi kasta kedua Tanah Air. 

Derby Jatim menjamu Gresik United menjadi kandang pertama Deltras FC. Tuan rumah memenangi laga di depan suporter setianya dengan skor 2-1, 24 September silam.

Sementara pada laga kedua, Deltras FC harus menyerahkan poin penuh kepada tim tamu. Persela Lamongan memenangi laga dengan skor 1-0 (10/10/23).

Intensitas Stadion GDS juga akan tinggi pada November mendatang. Deltras dijadwalkan menggelar 2 home menjamu PSCS Cilacap (6/11/23) dan Persekat Tegal (12/11/23).

2. Persebaya Surabaya

Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya yang harus steril menjelang hajatan Piala Dunia U-17 2023 memaksa Persebaya mencari kandang alternatif.

Stadion Gelora Delta Sidoarjo lantas menjadi salah satu opsi tim berjulukan Green Force, selain Stadion Gelora Joko Samudro (Gresik).

Sejauh ini, Persebaya Surabaya juga belum menentukan home base di antara dua venue tadi. Namun, Ze Valente dkk. sudah beberapa kali berlatih di markas Deltras FC.

3. Arema FC

Rencana kepulangan Arema FC pada putaran kedua Liga 1 nanti, membuat Stadion GDS mengemuka sebagai salah satu opsi yang bisa digunakan.

Akses yang hanya sejam perjalanan dari Malang jadi faktornya. Ditambah lagi dengan fasilitas yang ada di GDS sangat mendukung gelaran laga di Liga 1.

Sebelumnya, GDS menjadi opsi markas Arema FC sebelum memilih Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali. Stadion Supriyadi di Kota Blitar juga sempat jadi opsi.

4. Persis Solo

Baru-baru ini, Persis Solo dikabarkan hendak menggelar laga kandang Liga 1 menjamu Bhayangkara FC di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, (29 Oktober).

Situasi ini menyusul sterilisasi yang juga diterapkan di Stadion Manahan karena menjadi venue Piala Dunia U-17 2023. Persis Solo lantas harus mengungsi sementara.