Liga 1

3 Rekor Buruk Arema FC yang Bertambah Panjang Gara-gara Dihajar PSM Makassar

Sabtu, 21 Oktober 2023 16:33 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Arema FC
Ariel Lucero dalam perebutan bola. Copyright: © MO Arema FC
Ariel Lucero dalam perebutan bola.

INDOSPORT.COM - Arema FC kembali gagal mendulang poin saat melakoni jadwal tandang Liga 1 Indonesia 2023/24 ke markas PSM Makassar di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Jumat (20/10/23).

Alih-alih mencuri satu angka, tim berjulukan Singo Edan justru menuai malu setelah gawangnya digelontor tiga gol tanpa balas oleh tim tuan rumah.

Striker asal Brasil, Adilson Da Silva, memborong dua gol kemenangan PSM pada menit ke-42 dan 84, sedangkan gol ketiga dibukukan Ricki Pratama (90').

Kekalahan yang jelas sangat merugikan lantaran Arema FC gagal dalam menyalip Persita Tangerang untuk keluar zona degradasi. Kedua tim tetap dipisahkan dua angka.

Gustavo Almeida cs. masih tertancap di urutan 16 dengan raihan 13 poin. Persita dengan 15 angkanya, berpotensi memperlebar jarak jika menang menjamu Borneo FC, Minggu (22/10/23).

"Semua melihat bagaimana laga ini berlangsung sulit bagi kami. Kedua tim juga butuh poin," ucap pelatih Arema FC, Fernando Valente, dalam post-match press conferrence.

"PSM tampil lebih dinamis dengan tiga gol mereka. Sedangkan kami tidak mampu mencetak gol dari sekian banyak peluang yang tercipta," imbuhnya.

Bagaimana pun, Valente tetap menilai PSM layak untuk memenangi laga. Dari skema permainan hingga pergantian pemain, tim lawan terbukti efektif.

"Selamat kepada PSM atas kemenangan dan khususnya kolega saya (dari Portugal), Bernardo (Tavares). Dia kerja sangat bagus," tandas Valente.

Kekalahan dari PSM Makassar pun memperpanjang rekor buruk yang dicatatkan Arema FC sepanjang mengarungi 16 laga Liga 1. Apa saja rekor buruk itu?

Kekalahan Telak

Kekalahan 0-3 dari PSM Makassar membuat Arema FC akrab dengan skor telak. Sudah tiga kali Gustavo Almeida cs. merasakannya selama Liga 1 2023/24.

Sebelumnya, Arema FC pernah kalah dengan margin tiga gol ketika dipermak Persik Kediri. Saat away ke Stadion Brawijaya (15 Juli), mereka kalah telak 2-5.

Skor lebih telak bahkan pernah dicatat saat menjamu Barito Putera di Bali (5/8/23). Saat itu, Arema FC dilibas empat gol tanpa balas.

Macet Gol

Kekalahan di Parepare juga membuat Arema FC dua kali beruntun tak mampu mencetak gol. Keran gol mereka macet mulai saat dikalahkan Borneo FC 0-1 (6 Oktober).

Namun, rekor paling buruk yang dicatat Arema FC dengan tak mampu mencetak gol pernah terjadi sebelumnya. Selama 3 pekan beruntun rekor itu terjadi.

Dimulai saat kalah 0-4 dari Barito Putera (5 Agustus), lalu dilumat PSIS Semarang 0-2 (9 Agustus) dan ditaklukkan Rans Nusantara FC 0-1 (14 Agustus).

Dominasi PSM

Kemenangan 3-0 membuat PSM Makassar lebih superior dalam aspek head to head. Tim Singo Edan tak pernah bisa menang dalam empat pertemuan terakhir.

Bahkan, Arema FC juga menelan kekalahan selama periode itu. Sebelumnya, mereka selalu kalah 0-1 dari PSM (2 laga di Liga 1 2022/23 dan 1 di Piala Presiden 2022).