Liga Indonesia

PSMS Medan Santai Tak Terpancing Tanggapi Perang Urat Syaraf Sriwijaya FC

Sabtu, 21 Oktober 2023 09:12 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© MO PSMS Medan
Skuat PSMS Medan bertandang ke Semen Padang. (Foto: MO PSMS Medan) Copyright: © MO PSMS Medan
Skuat PSMS Medan bertandang ke Semen Padang. (Foto: MO PSMS Medan)

INDOSPORT.COM - PSMS Medan terus menggeber persiapan menjelang laga pamungkas putaran pertama babak pendahuluan grup Liga 2 Indonesia 2023/24 kontra Sriwijaya FC di Stadion Teladan, Senin (23/10/23).

Belakangan, psywar atau perang urat syaraf mulai mencuat. Pelatih lawan mulai memuji PSMS kendati ada pula yang terkesan menganggap enteng tim berjuluk Ayam Kinantan.

Pelatih Sriwijaya FC, Muhamad Yusup Prasetiyo, menilai PSMS Medan di laga tandang tetap bermain dengan mobilitas tinggi. Pelatih yang akrab disapa Yoyok itu mewaspadai kecepatan para pemain tuan rumah.

Pelatih PSMS Medan, Miftahudin Mukson, lantas menanggapinya dengan santai. Dia menilai Yoyok hanya menggoda dan berkelakar saja.

"Coach Yoyok ngengkol (sanjung) kita ini. Saya paham taktikal Coach Yoyok karena kita bareng di Pro (kursus lisensi kepelatihan)," ucap Miftahudin Mukson kepada awak media, Jumat (20/10/23). 

"Coach Yoyok dekat sama saya, secara gaya kepelatihan, dia tahu apa yang saya buat dan saya tahu apa yang dia buat," cetusnya.

Namun, saat menanggapi komentar asisten pelatih Sriwijaya sekaligus legenda PSMS, Mahyadi Panggabean, yang menilai pemain legiun asing biasa saja, reaksi Miftahudin sedikit berbeda.

Menurut eks juru taktik Persekat Tegal ini memastikan PSMS Medan saat ini berbeda dibandingkan PSMS yang diketahui Mahyadi di masa lalu.

"Coach Mahyadi paham lebih dalam tentang Medan, tapi kalau boleh dibilang PSMS sekarang beda dari sebelumnya," ungkap Miftah.

Sementara itu, Miftahudin menyebutkan, dua laga imbang PSMS di laga sebelumnya (dua laga sejak menjadi nahkoda PSMS) menjadi pelajaran penting menjelang melawan Laskar Wong Kito, julukan Sriwijaya FC.

"Sebelumnya banyak dapat pelajaran banyak, dapat evaluasi dan sudah kami perbaiki, mudah-mudahan berjalan lancar. Kesiapan fisik pemain, sampai sore ini kami intensitas tinggi tidak ada masalah," ungkapnya.

Disinggung seberapa besar perubahan pemain PSMS Medan saat ia tangani dibanding dengan ketika masih dinahkodai Ridwan Saragih, Miftahudin Mukson menyebut dia akan menurunkan pemain yang paling siap.

"Saya mempersiapkan tim kan sampai detik terakhir, latihan terakhir. Siapa pun yang paling siap akan dimainkan. Semua pemain dipersiapkan, yang paling siap yang akan kami turunkan," pungkasnya.

Inilah laga keenam bagi kedua tim, di nama PSMS dan Sriwijaya FC hanya berselisih satu poin saja di klasemen sementara Grup 1. Tamu nangkring di peringkat ke-3 dengan raihan 8 poin, sedangkan tuan rumah tepat di bawahnya (7 poin).