Liga 1

Ramadhan Sananta Tak Kuat Main 90 Menit? Pelatih Persis Solo Buka Suara

Minggu, 22 Oktober 2023 12:09 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, menilai Ramadhan Sananta punya kualitas untuk diandalkan bermain selama 90 menit di Liga 1 2023-2024.

Sang pemain telah bekerja keras untuk mencapai level kebugaran terbaik.

Ketahanan fisik Ramadhan Sananta belakangan menjadi pembicaraan setelah pulang dari Timnas Indonesia. Shin Tae-yong pun sempat berbicara bahwa otot pemainnya itu belum siap untuk dimainkan selama 90 menit.

Hal inilah yang membuat Shin Tae-yong tak pernah memainkan Sananta sepanjang laga, terutama di dua laga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei Darussalam.

Dengan menit bermain yang diberikan secara terukur, Sananta selalu sukses mencetak gol.

Terkait hal ini, Leonardo Medina memberikan tanggapan. Sejak didatangkan dari PSM Makassar, sang pelatih bekerja keras dengan timnya ntuk meningkatkan level kebugaran Sananta.

Leo Medina menilai hal ini berjalan sesuai ekspektasi. Terbukti dari sebelas momen ditampilkan di Liga 1, Sananta tak tergantikan dalam tiga pertandingan.

Sementara dari lima momen lain sebagai starter, pergantian kerap dilakukan karena kebutuhan strategi.

"Kita tahu Sananta adalah pemain dengan kualitas yang baik. Saya pikir dia pemain terbaik," kata Leo Medina jelang laga melawan Persita Tangerang, Sabtu (21/10/23).

"Dia bisa main penuh pertandingan. Saya tahu dia bisa. Saya mendengar komentar tentang dia tidak bisa main 90 menit. Saya tidak tahu kenapa ada komentar itu," lanjut Leo Medina.

Namun, Leo Medina menyadari para pemain tak selalu dalam kondisi 100 persen. Ia pun tak tahu bagaimana kesiapan Sananta saat melawan Brunei Darussalam hingga Shin Tae-yong menyebutnya belum bisa bermain 90 menit.

"Saya respect, mungkin Sananta saat di Timnas merasa ada sesuatu, tapi saya percaya dia bisa main 90 menit," jelas Leo Medina.

Menuju laga pekan ke-16 Liga 1 2023-2024 melawan Persita di Indomilk Arena, Minggu (22/10/23), Leo Medina memastikan pemain asal Kepulauan Riau ini siap dimainkan.

Sekembalinya dari Timnas Indonesia, Sananta difokuskan pada proses recovery. Namun, Leo Medina melihat pemainnya tersebut tetap berlatih dengan maksimal dalam dua sesi di Kota Solo.

"Sekarang dia merasa sedikit capek tapi dia selalu latihan keras. Dia adalah pemain yang sangat profesional. Kita mau mendukung pemain. Kami antusias untuk mendukungnya," papar Leo Medina.

Ada kemungkinan Sananta akan menghuni trio lini depan Persis Solo bersama Fernando Rodriguez dan David Gonzalez. Laskar Sambernyawa memasang target menang dalam laga tandang pamungkas putaran pertama.

Namun, Leo Medina meyakini hal ini tak akan mudah. Pelatih asal Meksiko ini melihat Persita bermain dengan bagus dalam beberapa laga terakhir, meski hasil akhir belum berpihak.

"Dalam beberapa laga terakhir saya melihat Persita main bagus, termasuk ketika Persita kalah telak dari Persib Bandung. Saya melihat Persita bermain dengan penguasaan bola bagus. Persis Solo akan bermain dengan identitas yang kami mau," ungkap Leo Medina.

Sananta akan mendapat dukungan second line yang mumpuni. Persis Solo sudah bisa memainkan seluruh pemain utama yang sempat absen karena akumulasi kartu kuning dan cedera, salah satunya Alexis Messidoro.

"Kita sekarang sudah komplet. Saya punya semua pemain di dalam skuat. Kita memikirkan pertandingan yang bagus melawan Persita," jelas Leo Medina.

Persis Solo butuh kemenangan untuk masuk 10 besar pada klasemen Liga 1 2023-2024. Saat ini Persis Solo ada di peringkat ke-13 dengan 20 poin, mencetak 23 gol dan kebobolan 23 gol.