Timnas Indonesia

Penampakan Terbaru Stadion GBK, Single Seat Dibongkar Demi Konser Coldplay

Kamis, 26 Oktober 2023 17:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Single seat Stadion Gelora Bung Karno di tribun utara dibongkar kabarnya untuk keperluan konser Coldplay. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT) Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Single seat Stadion Gelora Bung Karno di tribun utara dibongkar kabarnya untuk keperluan konser Coldplay. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Konser musik band asal Inggris, Coldplay dijadwalkan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta pada 15 November mendatang. Para pekerja pun mulai melakukan persiapan jelang event tersebut.

Dari pantauan INDOSPORT, ada kejutan yang terjadi menjelang konser Coldplay. Kursi stadion GBK di area tribun utara bawah sedang dibongkar.

Sebagian besar kursi yang dipasang dalam bentuk single seat sejak 2018 lalu sudah dicopot oleh para pekerja. Kabarnya bagian tersebut akan dibangun panggung, sehingga harus disterilkan terlebih dulu.

Dari informasi yang didapat dari petugas keamanan Stadion GBK, single seat tersebut memang dibongkar untuk keperluan konser Coldplay. Para pekerja mulai bekerja pada Kamis (26/10/23) pagi tadi.

INDOSPORT sudah mencoba menghubungi direktuk utama PPGBK, Rakhmadi Afif Kusuma selaku pengelola kompleks GBK, sayangnya belum mendapatkan informasi detail terkait pembongkaran single seat di Stadion GBK.

Saat ini, Stadion GBK tengah dipakai untuk kejuaraan kelompok usia, Asiana Cup 2023 yang berlangsung 26-29 Oktober. Tapi, para pekerja tetap melakukan aktivitasnya di tribun utara.

Selain single seat yang dibongkar, terlihat pula grass cover di pintu kuning GBK yang nantinya digunakan untuk menutup area lapangan saat konser Coldplay.

Dari informasi yang dihimpun, promotor menggelontorkan biaya yang sangat besar, bahkan menghabiskan dana hingga Rp10 miliar hanya untuk sewa venue SUGBK.

Menurut informasi yang terdapat di laman reservasi GBK, pihak promotor telah menyewa area SUGBK selama 13 hari, yakni 5-17 November 2023. Pada deretan tanggal tersebut, tertulis keterangan 'Konser Musik Internasional'.

Periode tersebut akan digunakan pihak promotor untuk melakukan persiapan, pelaksanaan konser, dan mengakhiri kegiatan konser.

Konser Coldplay termasuk dalam kategori Reguler Event C. Penyewa SUGBK kategori Reguler Event C akan mendapatkan fasilitas berupa arena dan tribun selama 12 jam, kapasitas kursi tribun sebanyak 77.193 orang, scoring board; sound system.

Kemudian lampu penerangan yang telah terpasang, royal lounge, sky lounge, royal box, sky box, ruang konferensi pers, ruang media, ruang sekretariat selama 12 jam, dan back up genset untuk lampu penerangan.

"Untuk kegiatan non olahraga wajib menggunakan field cover," tulis GBK dalam keterangannya.

Menurut daftar harga, penyewaan SUGBK untuk kategori Reguler Event C dibanderol dengan harga Rp750 juta untuk hari kerja (weekday) dan Rp850 juta untuk akhir pekan (weekend). Tarif tersebut adalah biaya penyewaan dari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB.