Timnas Indonesia

Erick Thohir Beberkan Update Naturalisasi Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes

Kamis, 26 Oktober 2023 12:58 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan proses naturalisasi dua pemain keturunan, Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes, berjalan lancar. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan proses naturalisasi dua pemain keturunan, Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes, berjalan lancar.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan proses naturalisasi dua pemain keturunan, Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes, berjalan lancar.

Keduanya bisa main untuk Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Maret tahun depan.

Seperti diketahui, PSSI sedang berupaya mengurus naturalisasi Nathan dan Jay sesuai permintaan pelatih Timnas, Shin Tae-yong. Bahkan, kedua pemain sudah datang ke Jakarta untuk mengurus administrasi. 

Erick Thohir mengatakan, PSSI sedang mengupayakan agar keduanya menjalani sumpah WNI lebih cepat. Namun, dia belum mengonfirmasi sudah sampai mana proses administrasi berjalan, khususnya Nathan.

“Untuk Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, sedang kita usahakan untuk bisa bermain pada Maret tahun depan. Kalau bisa November ini, lebih bagus,” ujar Erick Thohir. 

INDOSPORT sudah mencoba menghubungi Exco PSSI yakni Sumardji dan Eko Setyawan menanyakan proses administrasi untuk Nathan dan Jay, tapi belum mendapat jawaban.

Sebelumnya, Erick Thohir menyebut proses naturalisasi untuk Jay Idzes berjalan cukup baik.

Informasi terakhir, berkasnya sudah masuk ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Ketum PSSI pun berharap proses naturalisasi Jay Idzes tidak menemui kendala. Targetnya adalah tampil di Piala Asia 2024 pada Januari nanti di Qatar.

"Kalau Jay Idzes sudah proses. Mudah-mudahan cepat selesai," tutur mantan presiden Inter Milan tersebut.