Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Buka Opsi Bidik Wajah Baru di Timnas Indonesia Senior

Jumat, 27 Oktober 2023 12:19 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Shin Tae-yong sebelum Timnas Indonesia menggelar official training jelang laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Rabu (11/10/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Shin Tae-yong sebelum Timnas Indonesia menggelar official training jelang laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Rabu (11/10/23).

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, membocorkan terkait skuad Timnas Indonesia untuk pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Timnas Indonesia senior kemungkinan melakukan perombakan dalam setiap laganya.

Timnas Indonesia berhak lolos ke fase grup Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia pascataklukkan Brunei Darussalam dengan kemenangan agregat 12-0.

Usai lolos, kini tim besutan Shin Tae-yong tergabung di grup F bersama Irak, Filipina dan Vietnam. 

Perjuangan Timnas Indonesia di fase grup akan dimulai dengan menghadapi Irak pada 16 November mendatang di Basri International Stadium.

Lalu laga kedua Rizky Ridho dan kolega dijadwalkan menghadapi FIlipina pada 21 November di Rizal MEmorial Stadium, Manila.

Untuk kedua laga ini, Shin Tae-yong beserta tim kepelatihan Timnas Indonesia sepertinya harus memutar otak dengan keras. 

Terlebih jarak antara laga melawan Irak dan Filipina tidak memiliki jeda waktu yang panjang.

Diutarakan oleh asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, bahwa dirinya dan jajaran staf pelatih lainnya ingin terus melihat perkembangan pemain Timnas Indonesia di kancah Liga 1. 

“Kami belum bisa melakukan persiapan karena pemain akan tampil di kompetisi, 12 November kita kumpul dan 13 November kita langsung berangkat ke Irak,” ucap Nova Arianto.

Meski tak memiliki persiapan yang cukup lama, Nova mengatakan bahwa pelatih Shin Tae-yong masih akan berupaya memberikan kesempatan kepada wajah-wajah baru.

Bahkan Nova mengatakan bahwa Shin Tae-yong membuka peluang untuk melakukan perombakan tetapi memang hal itu diakui tidak akan mudah.

“Kita akan melihat situasi di kompetisi (Liga 1) pemain yang kami panggil apakah dalam kondisi baik atau tidak,” kata Nova.

“Yang memberikan penampilan maksimal akan menjadi penilaian tim pelatih,” beber Nova.