Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Uji Coba Lawan Iran Jelang Piala Asia dan Gelar TC di Turki

Sabtu, 28 Oktober 2023 14:01 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Selebrasi Striker muda Timnas Indonesia, Hokky Caraka, usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam bersama rekan setimnya dalam laga Pra Piala Dunia Selasa (17/10/2023) malam WIB. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Selebrasi Striker muda Timnas Indonesia, Hokky Caraka, usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam bersama rekan setimnya dalam laga Pra Piala Dunia Selasa (17/10/2023) malam WIB. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, menjabarkan mengenai wacana uji coba Timnas Indonesia melawan Iran sebelum tampil di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia memang dikabarkan sudah merencanakan melakukan persiapan untuk tampil di Piala Asia 2023.

Piala Asia 2023 dijadwalkan berlangsung pada Januari hingga Februari 2024 di Qatar. Indonesia pun dipastikan tampil di perhelatan ini.

Timnas Indonesia tergabung di grup D dalam Piala Asia 2023. Rizky Ridho dan kolega bakal bersaing dengan Vietnam, Irak dan Jepang.

Kini skuad asuhan Shin Tae-yong ini pun dikabarkan sudah merencanakan beberapa agenda persiapan untuk tampil di ajang ini.

Bahkan beredar kabar bahwa skuad Garuda bakal melakukan laga uji coba melawan Iran. Kabar mengenai laga uji coba ini diberitakan oleh media Sarpoosh yang mengatakan bahwa Iran bakal melakoni laga uji coba melawan Timnas Indonesia.

Ini memang bisa dikatakan bisa memberikan dampak positif baik untuk Timnas Indonesia dan juga Iran. Sebab Iran juga bakal tampil di Piala Asia 2023.

Iran sendiri tergabung di grup C bersama Palestina Hongkong, dan Uni Emirat Arab.

Kini terkait laga uji coba ini dikonfirmasi kepada asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. Disinggung mengenai laga uji coba ini, Nova pun tidak menampiknya.

“Sebelum Piala Asia kita memang merencanakan ada uji coba,” buka Nova Arianto. 

“Iran menjadi salah satu lawan yang kita rencanakan,” tambah mantan pemain Persib Bandung dan Persebaya Surabaya ini.

Namun, Nova memang tidak menjabarkan dengan jelas terkait uji coba ini saat Timnas Indonesia melakukan persiapan di Qatar nantinya.

“Tetapi kita lihat perkembangan dari PSSI apakah kita jadi lawan Iran atau tidak nanti saat persiapan di Qatar,” jelas pelatih berkepala plontos ini. 

Selain informasi mengenai laga uji coba melawan Iran, Nova juga memberikan info bahwa nantinya Timnas Indonesia juga melakukan pemusatan latihan di Turki.

Selama pemusatan latihan di Turki nanti, Nova pun juga mengatakan Timnas Indonesia sudah diagendakan beberapa laga uji coba.

“Akan ada beberapa uji coba ya. Nanti kita akan TC di Turki. Akan ada beberapa uji coba di Turki. Mungkin uji coba yang terakhir akan uji coba melawan Iran di Qatar,” tukas dia.