Liga 1

Posisi di Liga 1 Melorot, Madura United Sebut Hasil Lawan Borneo Jadi 'Biang Keladi'

Minggu, 29 Oktober 2023 18:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Madura United
Selebrasi pemain Madura United, Lulinha bersama rekan tim saat mencetak gol ke gawang Arema FC pada laga Liga 1 2023, Sabtu (28/10/23). (Foto: MO Madura United) Copyright: © MO Madura United
Selebrasi pemain Madura United, Lulinha bersama rekan tim saat mencetak gol ke gawang Arema FC pada laga Liga 1 2023, Sabtu (28/10/23). (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM - Madura United harus melepas peluang untuk meraih juara paruh musim Liga 1 2023/2024, seiring hasil imbang 1-1 saat menghadapi Arema FC.

Bertamu ke Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Sabtu (28/10/23), tim berjulukan Laskar Sape Kerrab harus puas berbagi 1 angka dengan tim tuan rumah.

Padahal, Lulinha sempat membuka kans Madura United untuk menggeser Borneo FC dari puncak klasemen melalui golnya pada menit 66.

Sayang, Arema FC mampu memaksakan hasil imbang menjadi 1-1 setelah Gustavo Almeida sukses menuntaskan hadiah penalti pada menit 78.

Hasil itu membuat Borneo FC memastikan diri sebagai juara paruh musim dengan 35 poin, setelah mampu mengandaskan perlawanan Dewa United 3-1 di hari yang sama.

"Tentu mengecewakan ketika kami tidak mampu mendapatkan hasil yang maksimal," ujar Pelatih Madura United, Mauricio Souza.

"Tetapi jika melihat jalannya pertandingan, saya senang dengan permainan tim ini. Satu kesalahan membuat hasil menjadi imbang 1-1," sambung dia.

Tak cuma itu, posisi Madura United bahkan semakin melorot ke urutan 3 dengan 31 poin, digeser oleh Persib Bandung yang mengalahkan PSS Sleman 4-1.

Kedua tim sebenarnya mengoleksi 31 poin yang sama. Namun, Persib lebih unggul agregat gol dengan surplus 12 gol (34-22) berbanding 9 gol (30-21).

"Selalu ada resiko yang besar ketika menerapkan permainan terbuka. Tapi saya pikir, kami sudah tampil dengan maksimal," tandas eks pelatih Vasco Da Gama tersebut.

Bukan Hasil Buruk

Kendati sudah 2 kali mengalami penurunan peringkat, namun Mauricio Souza tetap mengklaim bahwa target Madura United masih on the track.

Bagi dia, masih banyak kesempatan untuk meraih puncak klasemen kompetisi lagi. Pasalnya, masih ada 17 laga yang bisa diperjuangkan.

Namun, menempati peringkat 3 klasemen juga bukan hasil yang buruk. Setidaknya, Madura United masih berada di jalur perebutan juara.

"Target yang paling objektif adalah saat pada pekan terakhir kompetisi, tim ini berada di posisi 4 besar," juru taktik kebangsaan Brasil itu membeberkan.

Ya, Liga 1 musim 2023/2024 memang tak langsung memberi trofi juara pada tim yang berada di puncak klasemen pada pekan ke-34 mendatang.

Namun, perebutan gelar juara masih akan diperebutkan 4 tim yang finis di peringkat teratas. Madura United sejauh ini berada di salah satu unggulan.

"Karena format kompetisi dengan championship, memungkinkan kita juara meski finis di posisi 4 besar. Itu target yang ingin kami capai lebih dulu," kata Souza.

"Caranya, kami harus tampil lebih baik dan konsisten lagi. Kendati saya akui, ada sejumlah hasil tak maksimal setelah kekalahan dari Borneo FC," pungkas dia.